Kapolres Inhu Pimpin Apel Gelar Pasukan, Operasi Kontijensi Amanusa II Resmi Dimulai

Kapolres Inhu Pimpin Apel Gelar Pasukan, Operasi Kontijensi Amanusa II Resmi Dimulai
Kapolres Inhu pimpin apel gelar pasukan Operasi Kontijensi Amanusa II Lancang Kuning di halaman Mapolres Inhu Rabu pagi

INHU - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si pimpin apel gelar pasukan Operasi Kontijensi Amanusa II Lancang Kuning (LK) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahun 2022 di Polres Inhu dan jajaran Polsek.

Apel tersebut dilaksanakan Rabu, 6 Juli 2022 pagi dihalaman Mapolres Inhu yang dihadiri oleh Waka Polres Inhu, Kompol Dwi Yatmoko, S.T.P., S.I.K., M.I.K, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek jajaran Polres Inhu dan para perwira serta personel Polres Inhu.

Kapolres Inhu, dalam amanatnya menegaskan, diwilayah Indonesia, penyakit PMK telah mulai menyebar, kemunculan penyakit telah menjadi kekhawatiran global yang tidak dapat dihindari, sebab penyakit tersebut bisa menular dengan cepat keseluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali ke Riau, khsusnya Kabupaten Inhu.

Dijelaskan Kapolres, berdasarkan data terbaru dari Dinas Peternakan Kabupaten Inhu, 5 Juli 2022, kasus PMK di Kabupaten Inhu berjumlah 118 kasus, dengan rincian jumlah yang sakit 118 ekor, 1 ekor mati dan 13 ekor dinyatakan sembuh.

Mabes Polri beserta Polda dan Polres/Polresta jajaran Polda Riau  melaksanakan operasi Kepolisian terpusat dengan sandi operasi kontinjensi Aman Nusa II LK 2022 penanganan penyakit PMK tahun 2022 yang dilaksanakan selama 30 hari, mulai 4 Juli 2022 sampai 2 Agustus 2022 sebagai upaya penanganan PMK pada hewan ternak dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, penanganan yang didukung deteksi dan humas.

Tujuan operasi ini adalah untuk pengobatan, pencegahan, penularan dan memutus mata rantai penularan PMK serta mempercepat vaksinasi terhadap hewan ternak, membantu dan meringankan masyarakat pemilik ternak yang terdampak.

"Sebentar lagi kita akan melakukan pemotongan hewan kurban, cek betul kondisi hewan kurban ini, segera bersinergi dengan instasi terkait, panitia agar selektif dan bersinergi dengan instansi lain serta Forkopimda semoga wabah ini tidak meluas di Kabupaten Inhu, selamat bertugas dan lakukan yang terbaik, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa," ucap Kapolres.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index