Personil Sat Brimob Polda Riau Laksanakan Pengamanan Ritual Bakar Tongkang

Personil Sat Brimob Polda Riau Laksanakan Pengamanan Ritual Bakar Tongkang
Pengamanan ritual bakar tongkang di Rohil.

ROHIL - Dalam rangka memperingati Ritual Bakar Tongkang personel Detasemen Gegana dan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau yang dipimpin oleh Danyon B Pelopor Kompol Petrus H Simamora, S.Sos melaksanakan pengamanan di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Selasa (14/06/2022). 

Satuan Brimob Polda Riau memback up Polres Rokan Hilir dalam rangka pengamanan Ritual Bakar Tongkang di wilayah hukum Polres Rokan Hilir. 

Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H., Bupati Rokan Hilir AfrizaL Sintong, Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto, SH, S.I.K., Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rachman Wahyudi, S.I.P,M.Pol., Kajari Rohil Yuliarni Appy, S.H, M.H., Danyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Riau Kompol Petrus H Simamora, S.Sos. 

Dalam rangka melestarikan warisan para leluhur di Indonesia. Salah satunya etnis Tionghoa di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau selalu melestarikan warisan nenek moyang dengan menggelar Upacara Bakar Tongkang setiap tahun. 

Ritual Bakar Tongkang dikenal Bahasa Hokkien dikenal sebagai Go Gek Cap Lak adalah sebuah ritual tahunan masyarakat di Bagansiapiapi yang telah terkenal di mancanegara dan masuk dalam kalender visit Indonesia 

Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H., menyampaikan bahwa tradisi bakar tongkang ini merupakan tradisi warisan para leluhur yang harus dilestarikan dan menjadi warisan budaya.

#Rohil

Index

Berita Lainnya

Index