Inovatif, KKN-T Desa Binaan STIE Indragiri Jadikan Buah Naga Lebih Berharga

Inovatif, KKN-T Desa Binaan STIE Indragiri Jadikan Buah Naga Lebih Berharga
Mahasiswa KKN STEI Indragiri ketika perkenalkan produk inovatif mereka ketika MTQ di Kecamatan Sungai Lala, Inhu

INHU - Mahasiswa KKN-T STIE Indragiri, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sedang melakukan kegiatan KKN di Desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan menggandeng salah satu pelaku UMKM, agar dapat memanfaatkan potensi desa dengan melakukan inovasi produk dari buah naga menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis.

Mahasiswa STIE Indragiri bersama bunda Yanti sebagai pelaku UMKM, yang sekaligus merupakan tokoh masyarakat di Desa Pontian Mekar berinovasi dengan mengubah buah naga yang tadinya hanya dijual dalam bentuk buah, menjadi berbagai olahan makanan yang berbahan dasar buah naga, seperti keripik Malaysia buah naga, dodol buah naga, dan bolu kering buah naga.

Selain untuk meningkatkan nilai ekonomis buah naga, program inovasi produk ini didukung penuh oleh Kepala Desa Pontian Mekar, Habib Rifqi, S.Pd saat di konfirmasi awak media berharap inovasi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa Pontian Mekar ditengah banyaknya proses replanting kelapa sawit.
"Program ini dapat menjadi salah satu solusi pengembangan UMKM di Desa Pontian Mekar," ucapnya.

Mahasiswa STIE Indragiri juga telah memperkenalkan produk mereka di acara MTQ tingkat kabupaten belum lama ini yang bertempat di Kecamatan Sungai Lala. Pada kesempatan itu tim KKN STIE Indragiri bertemu dengan Camat Lubuk Batu Jaya (LBJ), Armin. S.Ag dan menerangkan terkait temuan atau inovasi mereka.

Istiqhomah, selaku wakil ketua dari KKN-T Desa Pontian Mekar memaparkan mengenai produk olahan inovasi dari potensi utama desa yaitu buah naga, yang pada beberapa waktu lalu mahasiswa STIE bersama pemilik UMKM mengolah buah naga menjadi beberapa produk olahan,yang dapat lebih bernilai.

Dengan adanya pelaksanaan MTQ serta bazar tersebut, harapan mahasiswa STIE serta para pelaku UMKM, agar masyarakat sekitar dapat mengenal lebih luas produk-produk olahan lokal dan masyarakat luar dapat mengetahui potensi yang di miliki oleh para pelaku UMKM di kabupaten Indragiri Hulu, terkhusus di desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

"Kami berharap dengan mengembangkan temuan inovasi ini bisa membantu dan menambah pemasukan ekonomi masyarakat Desa Pontian Mekar," jelas Istiqomah.
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index