Waka Polres Inhu Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Virtual

Waka Polres Inhu Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Virtual
Waka Polres Inhu ikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual

INHU - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si yang diwakili Waka Polres Inhu, Kompol Waka Polres Inhu, Kompol Dwi Yatmoko, S.TP, S.I.K, M.H mengikuti upacara serta rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual oleh Presiden RI, Joko Widodo di Ende Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan tersebut digelar Rabu, 1 Juni 2022 di aula Sanika Satyawada Polres Inhu yang diikuti para Kasat dan para Kapolsek jajaran Polres Inhu.

Upacara peringatan hari Lahir Pancasila di Ende dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi, Ketua MPR RI Bambang Susatyo selaku pembaca teks Pancasila, Wakil Ketua DPR RI sebagai pembaca pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) tahun 1945, Komandan Kodam Udayana Selaku Komandan Upacara dan Muhadjir Effendi Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Kemanusiaan dan Kebudayaan selaku pembaca do'a.

Dalam amanatnya, presiden Jokowi menjelaskan, bahwa di Ende Nusa Tenggara Timur adalah kali pertama dilaksanakan upacara dimana di Ende Presiden Soekarno pertama kali merumuskan Pancasila. Presiden juga mengingatkan juga bahwa dari nilai-nilai Pancasila harus tertanam di dalam hati sanubari dan menjadikan Pancasila sebagai idiologi dasar dalam penerepan kehidupan sehari-hari.

Presiden juga mengajak seluruh pemimpin negara, pemimpin Parpol, pemimpin daerah agar mewujudkan perdamaian dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Upacara selesai pukul 07.45 WIB atau 8.45 WITA.

Seusai upacara, Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Jokowidodo meninjau lokasi taman perenungan dan mendengar tentang sejarah perumusan Pancasila yang dilakukan oleh Presiden Soekarno di bawah pohon sukun tak jauh dari lokasi pelaksanaan upacara tersebut.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index