SMAN 5 Pekanbaru Gelar Khatam Al Qur'an 37 Siswanya dan Pembagian 150 Paket Lebaran

SMAN 5 Pekanbaru Gelar Khatam Al Qur'an 37 Siswanya dan Pembagian 150 Paket Lebaran
Pembagian paket lebaran secara simbolis ke beberapa siswa SMAN 5 Pekanbaru pada Jum'at (22/04).

PEKANBARU - SMAN 5 Pekanbaru menggelar kegiatan khatam Al Qur'an serta pembagian 150 paket lebaran untuk siswa bertempat di Balai Pujangga Raja Ali Haji Fisabilillah SMAN 5 Pekanbaru pada Jum'at (22 April 2022) dimulai pukul 08.00 WIB.

Acara dibuka dengan pembacaan Ayat suci Al Qur'an di penghujung kitab oleh para siswa yang khataman, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Riau yang diwakili oleh Nirmala, M.Pd, Kepsek SMAN 5 Elmi Gurita M.Pd, Para guru serta ratusan siswa SMAN 5 dan untuk diketahui ada 37 siswa SMAN 5 yang khatam Al Qur'an pada bulan Ramadhan tahun ini.

Usai khatam Al Qur'an acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 5, Elmi Gurita M.Pd menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan penutup proses pembelajaran SMAN 5 pada bulan Ramadhan 1443H.

"Di bulan Ramadhan ini sesuai dengan panduan dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, belajar dimulai pukul 08 sampai pukul 10.30. Setelahnya para siswa membaca Al Qur'an hingga pukul 12.00 WIB," terang Elmi.

Dilanjutkan Elmi Gurita, dirinya berharap kepada para siswa di SMAN 5 untuk senantiasa meningkatkan bacaan Al Qur'an agar nantinya 30 juz di dalam Al Quran bisa dihafal dan menjadi seorang hafis Qur'an lah hendaknya.

"Pemerintah Provinsi Riau sudah membuat terobosan kerjasama dengan Institute Azqia di Bogor, Institute Azqia sendiri semacam perguruan tinggi yang khusus menerima siswa Hafis Al Qur'an untuk belajar di sana tanpa biaya, mulai dari tingkat I sampai tamat dikenakan biaya apapun," urai Kepsek SMAN 5.

Lebih lanjut Elmi Gurita menyampaikan, pada Ramadhan tahun ini SMAN 5 telah mengumpulkan dana lebih kurang Rp 30 juta, dana tersebut nantinya akan dibagi untuk menyantuni para siswa di sekolah ini dan juga akan dpergunakan untuk kegiatan sosial untuk masyarakat di luar sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Riau yang diwakili oleh Perwakilan Dinas Ibu Nirmala, M.Pd pada kesempatan ini mengatakan semua kegitan yang dilakukan sekarang ini merupakan implementasi dari bidang studi atau mata pelajaran yang kita pelajari di sekolah.

"Khatam Al Quran implementasi dari mata pelajaran agama, berbagi juga merupakan implementasi dari mata pelajaran agama dan PPKN, pada bulan baik ini, semoga kegiatan kita mendapatkan ridho dari Allah SWT," ungkapnya.

Secara khusus, kata Nirmala mengapresiasi panitia dan para guru yang sudah mewujudkan kegiatan ini, "semoga jerih payah bapak ibu dalam membimbing anak kita di SMA 5 ini mendapatkan balasan yang baik dan ganjaran pahala dari Allah SWT," pungkasnya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, acara diakhiri dengan pembagian bingkisan secara simbolis ke beberapa siswa dan perwakilan cleaning service SMAN 5 Pekanbaru. Hingga berlangsung aman dan tertib hingga selesai menjelang shalat Jum'at.

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index