Wakili Bupati Inhu, Hendrizal Pimpin Rakor MoU Pemkab dan Pengadilan Agama Rengat

Wakili Bupati Inhu, Hendrizal Pimpin Rakor MoU Pemkab dan Pengadilan Agama Rengat
Wakili Bupati Inhu, Hendrizal Pimpin Rakor MoU Pemkab dan Pengadilan Agama Rengat

INHU - Wakili Bupati Inhu, Sekda Inhu, Ir. H. Hendrizal, M.Si memimpin rapat kordinasi MoU Pemkab Inhu dengan Pengadilan Agama Rengat yang digelar di ruang rapat Narasinga Lantai 2 Kantor Bupati, Selasa (8/2/2022).

Hadir dalam Rakor ini ketua Pengadilan Agama Rengat, Yunadi, S. Ag beserta jajaran, Ketua Pembina LAMR Kab. Inhu, Abdul Gani, Kepala Kantor Kemenag Kab. Inhu, Darwison, Kepala BPS Kab. Inhu dan beberapa kepala OPD terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Disnaker, Dinas P3A, Dinas Pengendalian Penduduk & KB, Dinas PMD, Dinas Kependudukan & Capil, Kabag Tapem, Kabag Hukum Setda Kab. Inhu serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Rengat Yunadi, S. Ag menyampaikan beberapa permasalahan sosial  yang terjadi di Kab. Inhu diantaranya menurut data di Pengadilan Agama bahwa tingkat perceraian di Kab. Inhu yang cukup tinggi dan adanya pernikahan di bawah umur yang tentunya juga berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi anak.

Oleh karena besarnya dampak yang ditimbulkan dari kedua hal tersebut, Ketua Pengadilan Agama menginginkan  data tersebut tidak hanya menjadi data 'mati', data tersebut harus dihidupkan dengan cara menyampaikan kepada pemerintah daerah  khususnya kepada OPD terkait dan bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan sosial tersebut.
 
"Kita perlu adanya Mou untuk menyampaikan data tersebut ke pemerintah daerah," ujar Yunadi.

Menanggapi hal tersebut Sekda Hendrizal selaku pemimpin rapat mengatakan bahwa Pemda akan mencoba membuat suatu MoU sehingga data yang ada dapat 'tercover' semuanya.

"Anak yang tidak mampu sekolah akibat perceraian orang tuanya atau anak yang menikah di bawah umur, akan mendapat perhatian dari dinas sosial dan dinas tenaga kerja Kab. Inhu," tegas Hendrizal.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index