Aksi Baksos Komunitas Tepak Sirih, Merawat Makam Tua Merawat Sejarah

Aksi Baksos Komunitas Tepak Sirih, Merawat Makam Tua Merawat Sejarah

ROKAN HILIR - Salah satu wadah kreativitas pemuda/pemudi di bidang seni dan budaya di Tanah Putih Tanjung Melawan adalah Komunitas Tepak Sirih, yang berkedudukan di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan (TPTM) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

Dalam kegiatannya Tepak Sirih melakukan bakti sosial pembersihan dan pengecatan Makam Syekh Abdullah ayah dari guru besar silet 21 Tuk Judo, Makam Datuk Judo Guru Silat 21 hari, Serta Ibunda Tuan Guru Basilam Abdul Wahab Rokan, Selasa (18/01/2022).

Ketua Tepak Sirih Muhammad Sarbaini yang akrab dengan panggilan Rahmat Pantun mengatakan, membersihkan makam ini merupakan kegiatan murni berasal dari inisiatif kawan-kawan dan pemuda/pemudi yang berada dalam wadah Tepak Sirih didukung oleh Datuk Penghulu Mesah Ridwan dan KUA Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.

"Ini makam keramat dan konon sejarahnya beliau yang mengembangkan Silat 21 di Rokan dan Makam Ibunda dari Tuan Guru Basilam Abdul Wahab Rokan adalah bukti sejarah yang harus kita pelihara bersama-sama," ungkap Rahmat Pantun.
 
Saat awak media melihat langsung kegiatan yang dilakukan pemuda/pemudi Tepak Sirih terlihat anggota serta pengurus Tepak Sirih saling bekerja sama untuk memperindah bukti sejarah tersebut dengan bagiannya masing-masing seperti ada sebagian yang membersikan pekarangan makam, melakukan pengecatan rumah makam yang memudar, dan sebagian juga sibuk mempersiapkan konsumsi anggota yang bekerja.

"Jika sudah bersih lingkungannya warna catnya sudah kembali cerah dan mata pun enak melihatnya sehingga para pengujung beziarah ke makam yang sangat bersejarah ini akan merasa nyaman," tutup Rahmat dengan senyuman.

Berita Lainnya

Index