Diduga Melakukan Ilegal Logging dan Pemalsuan Izin, PT. RPI Tidak Tahu Mana Wilayah Kelayang dan LBJ

Diduga Melakukan Ilegal Logging dan Pemalsuan Izin, PT. RPI Tidak Tahu Mana Wilayah Kelayang dan LBJ

INHU - PT. Rimba Peranap Indah (RPI) yang bergerak di bidang Hutan Industri atau tanaman Akasia, diduga melakukan Ilegal logging, 

Hal ini disampaikan oleh Ketua LAMR LBJ Datuk Setio Kamaro, Pasalnya dalam kurun waktu 20 tahun lebih PT. RPI sudah melakukan penanaman atau memproduksi kayu Akasia di Wilayah LBJ, sampai saat ini mereka tidak bisa menujukan Izin kerja di wilayah LBJ. 

"Sudah 20 tahun lebih PT RPI menjarah Lahan kami, sekarang ini kami sepakat mengusir mereka dari wilayah LBJ karena, Izin kerja mereka hanya di wilayah Kelayang bukan LBJ, artinya jika mereka tidak bisa menunjukan legalitas mereka yang memperbolehkan mereka bekerja di LBJ, maka saya bilang RPI sudah melakukan pelanggaran Ilegal logging," ungkap Datuk. 

Agus Komandan Regu (Danru) Satpam Central Elang Nusantara (CEN) pasukan pengamanan yang bekerja sama dengan RPI untuk mengamankan aktivitas apapun di areal PT RPI tampak sedang berdebat dengan salah satu tokoh dari LAMR LBJ.

Perdebatan berawal dari rombongan LAMR LBJ yang hendak memasang papan pamplet tanda perbatasan, dan Satpam pun mendatanginya dan menanyakan tujuan LAMR LBJ, singkatnya ketika Satpam berusaha menayangkan kepada LAMR LBJ "kenapa beraktivitas juga di wilayah PT RPI, kan jelas ini ada tanaman Akasia di dalam lahan ini, dan jika kalian mau menanam sawit, atau beraktivitas di areal ini, biarlah hukum yang menentukan, karena masalah ini mau di bawa ke meja hijau," kata Agus.

Mendengar perkataan itu sontak memancing emosi Tokoh LAMR LBJ dan langsung memberikan penjelasan sembari membuka Peta yang dibawa tokoh itu, "ini peta dari sumber yang jelas, kita lihat bersama sama, wilayah LBJ dan Kelayang, nah, sekarang kita berdiri di LBJ, dan RPI sendiri tidak bisa menujukan Legalitasnya untuk di LBJ, tetapi jika di Kelayang mereka jelas ada izinnya," terang Tokoh LAMR LBJ yang tidak mau disebutkan namanya itu. 

Mendengar penjelasan dari LAMR LBJ dan melihat peta itu, Agus merunduk malu, "owh ini LBJ, saya kira ini wilayah Kota Medan, Kecamatan Kelayang," jawab Agus sambil tertunduk malu.

Jadi selama kurun waktu lebih kurang 20 tahun PT. RPI diduga telah melakukan Illegal Logging, dan ada juga dugaan memalsukan Izin LBJ, menjadi Kelayang. (met)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index