Situasi Mengkhawatirkan, Operasi Ini Berimbas Pada Tiang Listrik di Batang Cenaku

Nampak kemiringan tiang listrik sudah mengkhawatirkan masyarakat

INHU - Maraknya pembuatan tapak rumah dan toko (Ruko) di sepanjang jalan penghubung desa Kuala Kilan - Bukit Lipai kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengakibatkan struktur kedudukan beberapa tiang listrik rawan.

Rawan disini dalam artian bisa mengakibatkan gangguan aliran listrik bahkan bisa juga berakibat fatal seperti halnya tiang tumbang dan sebagainya. Hal ini tak hanya mengundang perhatian warga setempat namun juga pihak pihak lain ikut menyoroti situasi tersebut.

Seperti halnya penyampaian ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kecamatan Batang Cenaku, Budiyono. Menurutnya, jika itu dibiarkan atau tidak lekas ditanggapi oleh PLN maka akibat fatal yang dikhawatirkan banyak orang akan terjadi juga, "kalau ini dibiarkan tiang tiang listrik itu akan berpengaruh buruk buat kelancaran operasi PLN," kata Budi, Selasa (30/11/2021) sekira pukul 17.00 WIB.

Budi yang juga berprofesi sebagai Wartawan itu juga menyatakan tidaklah salah jika para pemilik lahan saat ini menggunakan fasilitas pribadinya itu untuk keperluan bangunan rumah atau toko.

Hanya saja pria yang tengah mengemban kepemimpinan PAC-IPK ini mengaku prihatin mendengar keluhan beberapa warga pemilik lahan di sepanjang jalan penghubung kedua desa itu.

Menurut Budi, beberapa warga mengaku bingung saat hendak merampungkan pekerjaan namun melihat tanah di sekitar tiang tiang listrik itu semakin habis. Akibatnya tiang listrik miring dan dikhawatirkan bisa tumbang , "jika tersiram air hujan nanti entahlah," keluhnya.

Mardiat (43) warga desa Bukit Lipai juga pemilik pelataran lahan ruko di area setempat juga mengeluh di hadapan awak media ini. Kata Mardiah, ia ragu akan kekuatan tiang listrik yang berada tepat di lokasi gusuran tapak rukonya itu. Sebab, tiang itu sangat condong ke arah badan jalan.

Mardiat berharap kiranya ada bantuan petugas PLN setempat untuk mencari solusi agar membuatnya tenang. Mardiat berujar tiang miring di areanya itu sebelumnya juga sudah miring. Namun saat ini justru ia semakin khawatir jika tanah disekitarnya harus diratakan, "bagaimana aku harus mengerjakannya, sementara aku yakin jika tanahku aku ratakan pastinya tiang itu tak akan mampu bertahan," keluh Mardiat.

Sementara itu, Humas PLN cabang Rengat, Fauzar Zain saat dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya akan segera menindak lanjuti melalui petugas terdekat. 

Humas yang dikenal ramah dan koperatif ini juga mengucapkan terimakasih atas konfirmasi wartawan kepadanya, "Siap Bang, terimakasih banyak informasinya untuk diteruskan ke unit terdekat untuk ditindaklanjuti," balasnya melalui pesan selulernya.(budi)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar