Resmi Dilantik, Dewan Pendidikan Inhu Siap Bantu Pemerintah Majukan Dunia Pendidikan

Pelantikan Dewan Pendidikan Kabupaten Inhu

INHU - Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si atas nama Bupati Inhu melantik Ketua dan Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu yang berjumlah sekitar 15 orang di Auditorium Yopi Arianto lantai 4 Kantor Bupati Inhu, Senin (22/11/2021). 

Pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan dan berlangsung khidmat ini berdasarkan SK Bupati Indragiri Hulu Nomor : Kpts.429/X/2021. Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat, mengucapkan selamat atas dilantiknya Dewan Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu Masa Bakti 2019-2024 dimaksud.

Acara ini turut dihadiri Ketua DPRD Kab. Inhu, Elda Suhanura, Ketua Pendidikan Provinsi Riau yang diwakili Warkanis, jajaran Forkopimda Kabupaten Inhu diantaranya Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso,  perwakilan Dandim 0302 INHU, Letda Inf Diwar Asman, sejumlah Kepala OPD, kepala BPJS Ketenagakerjaan, Ketua LAMR Inhu, perwakilan KONI, Ketua PGRI, Koorwil Disdikbud se Inhu, Ketua K3S se Inhu,  para ketua Perguruan Tinggi di Inhu, para ketua Ormas dan OKP, para ketua BEM perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Inhu serta undangan terkait lainnya.

Dalam sambutannya, H. Junaidi Rachmat mengungkapkan pembelajaran daring yang dilakukan oleh sekolah selama masa pandemi Covid-19 merupakan kebijakan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Inhu. Upaya itu dilakukan untuk memaksimalkan pembelajaran tersebut, menuntut keterlibatan semua pihak pendidikan untuk membantu sesuai tupoksi masing-masing.

Dewan pendidikan dikatakan Junaidi menjadi salah satu segmen atau mitra pendidikan memiliki kewenangan untuk memastikan proses pembelajaran masa Covid-19 ini, berjalan dengan baik melalui peran yang diberikan yaitu peran pertimbangan, pengawasan, supporting dan mediator. Peran Dewan Pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran daring di Kabupaten Inhu, diharapkan dapat terpetakan dengan baik, baik masalah maupun solusinya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sebagai bagian dari upaya mencegah penularan virus Corona, Pemkab Inhu melakukan sejumlah langkah sebagai bagian dari agenda penyelamatan bangsa dari ancaman virus yang telah membuat heboh dunia. Sejak awal Maret 2020 akibat pandemi Covid-19, dunia pendidikan sepertinya dipaksa untuk beraktifitas tidak sebagaimana mestinya.

"Sebagai salah satu lembaga mandiri di dunia pendidikan, eksistensi Dewan Pendidikan menjadi sangat signifikan, terutama sejak diterapkannya konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan tiga kewenangan yang diberikan yaitu peran pertimbangan, pengawasan, rekomendasi dan mediasi. Dengan hal-hal tersebut diharapkan bisa mengimplementasikan peran tersebut di tengah pandemi Covid-19 saat ini," ujar Junaidi.

Mengakhiri sambutannya, Junaidi berharap kepada Dewan Pendidikan yang telah dilantik agar mampu memberikan pengabdian terbaik terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Inhu, sehingga kesuksesan pembangunan di bidang pendidikan mampu berdampak lebih luas terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Inhu.

Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Riau, Warkanis dalam sambutannya juga memberikan ucapan selamat kepada dewan yang telah dilantik dan seterusnya mengatakan bahwa Dewan Pendidikan adalah suatu lembaga yang sangat penting dalam dunia pendidikan guna memberikan layanan kepada anak-anak serta wali murid, karena dalam Kemendikbud tersebut salah tugas Dewan Pendidikan itu adalah menganalisa dan hasil analisa tersebut disampaikan kepada kepala daerah. 

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Inhu, Moh Rouf Azizi, S.Pd.I mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung Dewan Pendidikan.

"Atas nama seluruh Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Inhu, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu terlaksananya acara ini, khususnya terimakasih kepada Bupati Inhu, Ibu Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Inhu, Bapak H. Junaidi Rachmat  atas dukungan dan bantuan baik moril maupun materil," ucap Azizi yang juga merupakan Mahasiswa S2 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ini.

Pria yang pernah meraih penghargaan Nasional kategori pemberdayaan TIK terbaik se Indonesia ini mengungkapkan bahwa tugas Dewan Pendidikan adalah menghimpun, menganalisis, dan memberikan rekomendasi kepada kepala daerah terhadap keluhan, saran, kritik, dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan.

"Kami kedepannya akan berupaya semaksimal mungkin membantu Pemerintah Kabupaten Inhu dalam memajukan dunia pendidikan sesuai tugas dan fungsi dari Dewan Pendidikan," tegas Azizi yang juga pernah meraih juara III menulis makna kandungan Al-Quran pada Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni se Provinsi Riau dan Kepri ini.(rls)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar