Ratusan Wartawan Ikuti Webinar Digital Marketing yang Digelar PWI Riau dan SKK Migas

Pelatihan wartawan, digital marketing, strategi, tips dan trik di Pasir Pengaraian, Rohul.

PEKANBARU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau bekerjasama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) kembali menyelenggarakan Webinar Digital Marketing.

Webinar yang dilaksanakan secara daring dan luring ini dipusatkan di Hotel Sapadia, Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (09/11/2021) mulai pukul 14.00 WIB yang dibuka secara resmi Kepala SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus diwakili Spesialis Pratama Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada mitra PWI Riau, terutama SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Riau yang tergabung di dalamnya, yang telah memberi support luar biasa untuk kegiatan pelatihan wartawan se- Provinsi Riau.

"Webinar Diklat Media ini merupakan kegiatan kedua yang diselenggarakan PWI Riau, setelah sebelumnya dilaksanakan  Webinar Media Hulu Migas Update, Sosialisasi LKTJ Migas se Provinsi Riau dan Pelatihan Meraih Anugerah Jurnalistik Adinegoro di Hotel The Zuri Pekanbaru, Jumat (22/10/2021) lalu," papar Zulmansyah. 

Zulmansyah berharap rekan rekan wartawan dapat memanfaatkan webinar ini lebih memahami bagaimana mengelola dan memaksimalkan sistem digitalisasi termasuk sistem marketing dengan menggunakan fitur dari teknologi digital. 

Sementara itu, Kadis Kominfo Riau H Chairul Riski yang memberikan pemaparan pertama lebih fokus menjelaskan tatacara mendapat belanja iklan Pemprov Riau sekaligus mensosialisasikan Pergub Nomor 19/2021 termasuk menjelaskan latar belakang lahirnya Pergub Nomor 10/2021.

Charul Riski juga menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi media dalam melakukan kerjasama dengan Pemprov Riau."Mulai dari mempunyai Akte Pendirian Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan, Rekomendasi Jasa Komunikasi dan Informasi, Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan yang masih berlaku," papar Chairul Riski.

Selain itu, media juga harus terdaftar di Dewan Pers dan minimal terverifikasi administrasi, penanggung jawab media massa dan/atau penanggung jawab redaksi telah memiliki Uji Kompetensi Wartawan Utama, memiliki struktur Dewan Redaksi, memiliki nomor rekening yang aktif, satu perusahaan hanya berlaku untuk satu media massa;  

"Selanjutnya, perwakilan wartawan yang sudah memiliki surat tugas resmi dari media massa yang bersangkutan untuk ditempatkan pada Perangkat Daerah serta hanya bisa ditugaskan untuk satu media massa. Memiliki wartawan yang sudah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) dan mimiliki sertifikat uji kompetensi wartawan (minimal wartawan muda), melampirkan bukti pemberitaan tentang pemerintah Daerah 2 bulan terakhir dan tidak didanai dan/atau menerima dana dari pihak asing," ujar Riski.

Sedangkan narasumber Wayan Rangga Pinastawa pada materinya lebih banyak mengupas tentang tips dan trik meningkatkan performa dan traffic website dengan Search Enggine Optimized (SEO)

"SEO merupakan sebuah proses pengoptimalan untuk sebuah mesin pencari. Dimana setiap mesin pencari seperti google memiliki algoritma dalam menentukan url atau situs mana yang akan ditampilkan dan di ranking," papar Wayan mengawali materinya.

Disini SEO berperan penting agar website yang dikelola sesuai dengan algoritma google serta tampil di berbagai pencarian google yang mana juga akan mendapatkan organic traffic lebih banyak.

Kemudian SEO On Page adalah optimasi SEO dari segi halaman, dengan meningkatkan SEO On Page anda akan meningkatkan PA ( Page Authority) website yang berguna untuk persaingan ranking di mesin pencari.

"Untuk meningkatkan SEO On Page, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang google suka dari sebuah halaman yang di-crowl, dan apa saja factor penentunya dalam membuat tulisan yang SEO Friendly," terangnya.

Narasuber ketiga Juwita Ilona juga berbagi tips dan trik tentang bagaimana langkah jitu memaksimalkan pendapatan iklan dengan platform google.

"Faktor utama meningkatkan pendapatan yakni bagaimana menghadirkan kecepatan tinggi dan keterikatan tinggi dalam penyediaan konten dan 
penyediaan iklan. Kemudian menempatkan link affiliasi produk
pada blog, halaman post, youtube description, ataupun social media
post," paparnya.

Selanjutnya pada sesi akhir webinar, dilakukan pencabutan doorprize yang disiapkan untuk 20 orang wartawan peserta webinar yang beruntung. (***)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar