Pemkab Inhu Gelar Rapat,

Bahas Perkuburan Leluhur Suku Talang Mamak yang Terdampak Tol Rengat-Jambi

Bahas Perkuburan Leluhur Suku Talang Mamak yang Terdampak Tol Rengat-Jambi

INHU - Terkait rencana pembangunan jalan Tol Rengat-Jambi, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang diwakili Sekretaris Daerah Ir. H. Hendrizal, M. Si didampingi beberapa pejabat menggelar rapat dengan perwakilan masyarakat Talang Mamak Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Senin (8/11/2021.

Pertemuan tersebut menindaklanjuti surat dari Batin Adat Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat tertanggal 31 Oktober 2021 tentang rencana pembangunan ruas jalan tol Rengat-Jambi yang mengenai perkuburan leluhur suku Talang Mamak di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat.

Sekda Inhu, Hendrizal  juga menyampaikan bahwa perkuburan atau pemakaman leluhur tersebut sesuai surat bupati kepada gubernur dan surat gubernur kepada menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat Republik Indonesia, dimana gubernur merekomendasikan teknis pengerjaan jalan tol tanpa memindahkan makam leluhur, namun terhadap kontruksi jalan tol akan didesign ulang.

Kantor pertanahan menanggapi hal tersebut dengan kegiatan yang dilakukan oleh Satgas A, dimana kondisi makam menurutnya sudah diidentifikasi dan terpetakan. 

Ditambahkan bahwa dari empat spot pemakaman, saat ini masih fokus pada tiga spot yang sudah diidentifikasi oleh Satgas B. Sementara katanya, dari tiga spot ini dua spot yang utama sudah dilaksanakan identifikasi dan otorientasi.

Denan, selaku Batin sekaligus masyarakat Suku Talang Mamak Desa Talang Jerinjing berharap kepada pihak-pihak terkait agar pemakaman leluhur tersebut tidak dipindah, karena beliau dan masyarakat Suku Talang Mamak Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat memegang teguh adat istiadat mereka.

Disampaikan juga pada kesempatan tersebut bahwa survey dari perwakilan PT. HK, pemakaman Suku Talang Mamak tidak akan bergeser karena berada di titik pinggir jalan tol, namun akan dibangun pagar beton agar tidak terkena proses pengerjaan proyek. Mereka juga meminta kerjasama masyarakat Suku Talang Mamak di Desa Talang Jerinjing agar mendukung program pemerintah dalam pembangunan jalan tol tersebut.

Dalam rapat yang berlangsung di Ruang Thamsir Rachman lantai IV Kantor Bupati, Senin pagi (8/11/2021), berjalan kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan . 

Tampak hadir antara lain perwakilan Forkopimda, Plt. Kadis PUPR, perwakilan Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kabag Tata Pemerintahan, R. Fahrurrozi, S.Sos, perwakilan Bappeda, perwakilan PUPR, PT. Hutama Karya, perwakilan Camat Rengat Barat, Kepala Desa Talang Jerinjing, Edi Priyanto, ST, Batin Adat Desa Talang Jerinjing, Denan serta para tetua adat dari suku Talang Mamak Desa Talang Jerinjing.***
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index