Pemko Dumai Pastikan Bantuan Sampai Kepada Warga yang Terdampak Banjir

Pemko Dumai Pastikan Bantuan Sampai Kepada Warga yang Terdampak Banjir

DUMAI - Banjir kiriman yang disebabkan itensitas air hujan yang tinggi beberapa hari belakangan, terhitung tanggal 26 hingga 28 Oktober 2021 menggenangi beberapa kawasan perkotaan di Kota Dumai.

Warga yang rumahnya masuk air mengungsi ke rumah sanak famili yang berada di dataran yang lebih tinggi. 

Bahkan akibat banjir yang datang secara tiba-tiba tersebut banyak warga tak bisa memasak karena dapurnya terendam air yang berasal dari hutan.

Air berwarna coklat tersebut mengalir deras memasuki rumah warga dan menggenangi berbagai perabotan. 

Terlihat, warga lain yang rumahnya terendam ada juga mengusung barang menggunakan perahu karet bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai.

Barang yang diselamatkan seperti pakaian, hewan peliharaan, dan sepeda motor. Tak hanya rumah warga yang terendam banjir, tetapi beberapa rumah ibadah turut dimasuki air. 

Dilaporkan warga, kedalaman air tidak semua rata, di kelurahan Bukit Datuk sedalam sekitar 1 meter. Sedangkan di Bumi Ayu ada mencapai 1,5 meter, di Kelurahan Bukit Timah sedalam sekitar 80 centimeter dan di Kelurahan Ratusima sekitar 50 centimeter. 

Terkait hal ini, Walikota Dumai, H. Paisal SKM, MARS melakukan Tinjauan Lapangan didampingi Plt. Kadis PUPR Kota Dumai, Plt Kadis Sosial Kota Dumai, Kasatpol PP Kota Dumai, Camat dan Lurah se Kecamatan Dumai Selatan, Kamis (28/10/2021).

Tinjauan ini dilakukan untuk melihat situasi ditengah masyarakat terkait bencana Banjir kiriman yang melanda.

Pada kesempatan ini Walikota Dumai melakukan tinjauan di 2 titik lokasi khusus yaitu di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu dan di RT 01 Kelurahan Bukit Datuk.

Menurutnya, lebih kurang 1000 rumah yang ada di empat kelurahan di Kecamatan Dumai Selatan terendam banjir dengan kedalaman bervariasi mulai dari lima puluh sentimeter hingga satu setengah meter.

"Bantuan akan terus dialirkan dari Pemerintah Kota Dumai, kami telah mengintruksikan kepada pihak terkait seperti Dinas Sosial, BPBD, Kecamatan dan Kelurahan untuk melakukan pemenuhan kewajiban dan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam upaya penanggulangan banjir kiriman ini. Pastikan bantuan sampai untuk warga terdampak banjir," ungkap Walikota Dumai.

#Dumai

Index

Berita Lainnya

Index