Babinsa Kecamatan LBJ Pantau Seekor Gajah yang Nyasar ke Kebun Sawit Masyarakat

Babinsa Kecamatan LBJ Pantau Seekor Gajah yang Nyasar ke Kebun Sawit Masyarakat

INHU - Koramil 04/PP Babinsa Kecamatan Lubuk Batu Jaya Sertu Ervan Gani, Sertu Nana dan Praka Agus R. Purba melaksanakan pemantauan aktifitas hewan yang dilindungi berupa gajah yang berada di lahan kebun kelapa sawit milik masyarakat.

Gajah tersebut diperkirakan sakit dan tertinggal dari rombongan pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021, sekira pukul 09.00 WIB di Desa Lubuk batu tinggal Kec. Lubuk Batu Jaya Kab. Inhu Prov. Riau.

Ikut dalam pemantauan gajah yang tertinggal oleh rombongannya ini Ruswanto (Balai TNTN), Erwin Daulay (Balai TNTN), Peltu Jaya Kandi Damanik (Intel Kodim), Aipda Jaryanto ( Ps. Kanit Binmas Polsek LBJ) dan Masyarakat Desa Lubuk Batu Tinggal.

Dari hasil pemantauan dapat disimpulkan:

- Hewan gajah tersebut sudah 2 hari berada diseputaran lahan kebun kelapa sawit milik Bpk. Sembiring Desa Lubuk Batu Tinggal Kec. Lubuk Batu Jaya Kab. Inhu.

- Hewan gajah tersebut diperkirakan dalam keadaan sakit terlihat dari badannya kurus, kurang beraktifitas, tidak ada terlihat makan dan setiap minum airnya keluar lagi, tidak terdapat bekas luka fisik di badannya, hal inilah yang menyebabkan hewan gajah tersebut tertinggal dari rombongannya. 

- Hewan gajah tersebut berjenis kelamin betina, tinggi +-2 Meter dan panjang +- 2,5 Meter dan berumur 25-30 Tahun. 

- Hewan gajah tersebut tidak mau dihalau untuk diarahkan kembali kearah wilayah TNTN. 

Personil TNI-POLRI Stan by di lokasi dan memberikan pengarahan kepada warga masyarakat agar tidak menyakiti hewan gajah tersebut dengan tujuan agar pihak yang berwenang dapat mengevakuasi hewan gajah tersebut dari kebun masyarakat agar tidak terjadi konflik antara masyarakat dan hewan yang dilindungi dan dapat dikembalikan ke habitatnya. 

Hingga saat ini hewan gajah tersebut masih berada di lokasi kebun masyarakat menunggu tim Kesehatan dari BKSDA Kab. Inhu dan masyarakat berbagi tugas untuk menjaga agar tidak berkeliaran dan merusak kebun kelapa sawit. 

Kegiatan berakhir Pukul 15.30 WIB dan selama pelaksanaan pemantauan berjalan dengan aman dan tertib.(met)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index