Sesuai Permintaan Bupati, 25 Ribu Dosis Vaksin Coronavac Tiba di Inhu, Siap di Distribusikan

Sesuai Permintaan Bupati, 25 Ribu Dosis Vaksin Coronavac Tiba di Inhu, Siap di Distribusikan
Bupati Rezita meninjau vaksin yang baru saja datang dari Kementerian Kesehatan RI

BUPATI Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi SE meninjau ketersediaan vaksin Covid-19 yang baru datang dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan jumlah 25.000 dosis atau 12.500 vial.

Vaksin jenis coronavac ini merupakan permintaan khusus Bupati Rezita pada Kementerian Kesehatan RI pada pada awal September 2021 lalu.

"Alhamdulillah, permintaan kita pada Kementerian Kesehatan RI untuk pengadaan vaksin coronavac telah terpenuhi, ini semua merupakan upaya kita mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Inhu," kata Bupati disela-sela peninjauan vaksin tersebut, Sabtu 9 Oktober 2021 sore diruang Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu.

Dijelaskan Bupati, lobi Kementerian Kesehatan RI untuk pengadaan vaksin coronavac merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu dalam mempercepat pencapaian target vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat sasaran vaksinasi.

"Vaksinasi adalah ikhtiar untuk menekan penyebaran Covid-19, terutama di Kabupaten Inhu," ucap Bupati perempuan termuda di Indonesia tersebut.

Diakuinya, selama ini pencapaian target vaksinasi di Inhu terkendala karena persediaan vaksin sering kosong, tentu saja hal ini memperlambat proses vaksinasi.
Namun, setelah vaksin dari Kementerian Kesehatan RI datang, diharapkan tidak ada lagi kendala dilapangan. "Kita berharap agar vaksin ini secepatnya di distribusikan dan diberikan pada masyarakat sesuai sasaran yang telah ditentukan," harap Bupati.

Sementara, Kepala Dinkes Inhu, melalui Kepala Seksi (Kasi) Survelen dan Imunisasi Dinkes Inhu, Zuhairiah sebagai pengurus pendistribusian vaksin menjelaskan, untuk sementara, 25.000 dosis vaksin itu akan disimpan pada UPT IFK menjelang pendistribusian pada 20 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Inhu.

"Target sasaran vaksin tersebut adalah remaja usia 12-17 tahun, masyarakat petugas publik, Masyarakat Lanjut Usia (Manula) dan tenaga pendidik," ujarnya.

Sedangkan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu, Jawalter S, M.Pd menyampaikan kabar gembira, jika sampai 8 Oktober 2021 pukul 17.00 WIB tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Inhu.

Update data terbaru dari Dinkes Inhu, lanjutnya, dari total target vaksinasi yang sudah ditetapkan Pemkab Inhu melalui Dinkes sebanyak 336.209 orang, hingga Sabtu kemarin, telah dilaksanakan vaksinasi dosis 1 sebanyak 80.848 atau 24,05%, dosis 2 sebanyak 50.729 atau 15,09%, sedangkan dosis 3 sebanyak 1.265 atau 64,28 %.

Tak bosan ia menegaskan, Pemkab Inhu terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Inhu dengan meningkatkan disiplin dalam menggunakan masker ketika melakukan aktifitas diluar rumah, untuk lebih aman, pakailah masker berlapis ketika kontak fisik dengan orang lain dan selalu menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir serta menghindari kerumunan (feature by Efril Reza)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index