Ratusan Masyarakat Desa Gunung Kesiangan Rasakan Manfaat PKT Melalui DD 2021

Ratusan Masyarakat Desa Gunung Kesiangan Rasakan Manfaat PKT Melalui DD 2021

KUANSING - Pemerintahan Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai kabupaten Kuantan Singingi kembali melanjutkan pelaksanakan penanaman padi sawah IP200 musim tanam 2021 tahap terakhir dengan pola Padat Karya Tunai (PKT), Senin (23/08/2021).

Dikatakan Kepala Desa Gunung Kesiangan, Firdaus bahwa penanaman padi sawah ini bertujuan untuk meningkatkan perekonimian masyarakat, yang didanai pemerintah melalui Dana Desa (DD) APBDes tahun 2021 Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Pemerintahan Desa Gunung Kesiangan, sambung Firdaus, telah merealisasikan untuk penanaman padi sawah musim tanam 2021 dengan anggaran sebesar Rp 231.495.000,- dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat setempat yang mayoritas petani padi tersebut di wilayah Desa Gunung Kesiangan. 

"Masyarakat Desa Gunung Kesiangan merasa sangat senang dan bangga dengan adanya program pemerintah yang nyata  sangat membantu perekonomian masyarakat terutama petani dengan adanya dukungan dana yang diberikan pemerintah ke masyarakat yang ada di desa-desa," ujar Firdaus, didampingi PPL Kecamatan Benai, Syafri Lubis SP.

Lebih lanjut Firdaus mengatakan, bahwa di lahan persawahan yang dimiliki Desa Gunung Kesiangan seluas 40,59 hektare yang dikelola dengan DD 2021 itu diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat melalui bidang pertanian umumunya.

"Sudah 300-an orang masyarakat Desa Gunung Kesiangan yang merupakan petani padi sawah itu mampu diberdayakan melalui Dana Desa dengan pola Padat Karya Tunai. Mudah-mudahan dengan demikian bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat ke depannya," ujar Firdaus.

Sementara itu Plt Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Benai melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Syafri Lubis SP memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Gunung Kesiangan, yang telah merealisasikan Dana Desa (DD) 2021 melalui program yang sangat baik dan berpihak kepada peningkatan perekonomian masyarakatnya tersebut.

"Untuk program perekonomiannya sudah sangat bagus dan pemberdayaan masyarakatnya pun sangat membantu ekonomi masyarakat, terutama para petani padi sawah melalui pola Padat Karya Tunai atau PKT," ujar Syafri Lubis.

Lanjut Syafri, hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, dimana Pemprov Riau saat ini tengah menggalakkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat di bidang pertanian, melalui program Pemprov Riau, yakni Gerakan Riau Bertani 2021, tutup Syafri Lubis, pria yang sudah belasan tahun menjadi PPL tersebut.

Berita Lainnya

Index