Isu DBD

DBD Sudah Dilaporkan Klinik

Kapus Kuala Kilan, Tengku Ernita S.ST

INHU - Isu kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) merebak di desa Kuala Kilan, kecamatan Batang Cenaku kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Seiring itu pula salah seorang tokoh masyarakat desa, Bujang Elo (BE) mengaku anggota keluarganya sakit dan divonis DBD oleh dokter kelinik setempat.

Namun ternyata kelinik setempat yakni Medical Centere baru melaporkan kasus itu ke Kepala Puskesmas (Kapus) Kuala Kilan, Ahad (22/8) sekira pukul 09.00 WIB. Hal itu dibenarkan oleh Kapus Kuala Kilan , Tengku Ernita S.ST saat mengkongirmasi awak media ini, " Klinik Medical Center baru melaporkan kasus DBD, Insya Allah besok tim Puskesmas turun ke area kasus " tuturnya melalui via seluler .

Sebelumnya juga kasus ini sudah disikapi serius oleh Kepala Desa Kuala Kilan , Ardionto. Menurut Kades, pihaknya akan segera melakukan kros cek ke kelinik yang ada di wilayah desa yang ia pimpin itu. Dion, demikian sapaan akrab Kades, menyebut akan mengakurasikan data agar bisa dilaporkan secara resmi, " senin kami akan lakukan kros cek " sebutnya belum lama ini.

Kasus DBD yang mewabah desa Kuala Kilan ini pada awalnya dilaporkan oleh Bujang Elo alias BE. Namun pada saat itu, laporan hanya sebatas pengakuan jika anggota keluarganya diklaim dokter kelinik terkena DBD. Hingga demikian, saat mendengar kabar jika Kapus akan tangani kasus itu setelah ada laporan laboratorium, BE berjanji akan yakinkan Kapus terkait adanya wabah berbahaya itu.

Terkait kesiagaan Puskesmas Kuala Kilan diakui beberapa masyarakat sesungguhnya sangat sigap. Namun dalam hal antisipasi kasus serius, hendaknya Puskesmas memperoleh bantuan dari kemitraannya, seperti halnya Dokter klinik, dokter praktek ataupun bidan bidan desa yang ada

Hal itu diungkapkan oleh ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Batang Cenaku, Budiyono. Menurut pria yang juga seorang wartawan itu mengatakan untuk apa banyak bertebaran kemitraan dinas kesehatan di wilayah tersebut, jika kasus berbahaya tidak lekas diatasi lantaran tidak ada pembantu informasi yang cepat tanggap, " mereka berusaha dan praktek disini, harus proaktif membantu Puskesmas " tutup Budi. (budi)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar