Jalin Silaturahmi, Kapolres Kampar Kunjungi Lembaga Adat Kampar

Jalin Silaturahmi, Kapolres Kampar Kunjungi Lembaga Adat Kampar
Kapolres Kampar saat di Balai Adat Kampar.

KAMPAR - Kamis (12/08/2021) mulai pukul 09.30 WIB, dilaksanakan pertemuan silaturahmi Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH dengan Ketua dan Anggota (LAK) Lembaga Adat Kampar.

Pertemuan silaturahmi tatap muka ini digelar di Balai Adat Kabupaten Kampar Jln. Panglima Khotib Kecamatan Bangkinang Kota, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua LAK Kab. Kampar Drs. H. Yusri MSi DT. Bandaro Mudo beserta Perwakilan Pucuk Suku/ Datuk Adat Daerah Tapung, Kampar, Lipat Kain, XIII Koto Kampar. Juga hadir Kadis Pariwisata Kampar Zulia Darma S.Sos, Kasat Binmas Polres Kampar AKP Handono Sujarwanto S.Sos, MH, Kasubbag Humas AKP Deni Yusra, Kapolsek Bangkinang Kota Iptu Khairil SH.

Kegiatan ini diawali kata sambutan dari Ketua Lembaga Adat Kampar Drs. H. Yusri MSi Dt. Bandaro Mudo. Pada kesempatan ini Datuk Yusri yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kab. Kampar, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Kampar.

Datuk Yusri menjelaskan bahwa di Kabupaten Kampar ada 62 Kenegerian dan pucuk suku serta 514 orang Ninik Mamak, namun yang hadir saat ini adalah perwakilan saja.

Ketua Lembaga Adat Kampar ini berharap, semoga dengan silaturahmi ini bisa saling mengenal sehingga terjalin keakraban dan sinergitas antara Tokoh Adat dengan Jajaran Polres Kampar

Sementara itu, Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang diberikan. "Saya senang berada disini, duduk bersama tokoh adat dan ninik mamak dari Lembaga Adat Kampar", ujarnya.

Selanjutnya Kapolres Kampar yang baru ini memperkenalan diri kepada para Tokoh Adat Kampar yang hadir dalam pertemuan ini, "Saya setuju dengan pepatah, Dimana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung, untuk itulah saya prioritaskan bertemu Ninik Mamak mengawali penugasan saya sebagai Kapolres Kampar," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan AKBP Rido Purba, sebagai Putra Kelahiran Kota Dumai Riau berdarah Batak ini, bahwa beliau menghormati hukum adat serta kearifan lokal dan siap berkoordinasi dengan tokoh adat Kampar. "Mari bersama kita bangun dan majukan negeri serta wujudkan Kabupaten Kampar yang aman dan kondusif," ajaknya.

Pada kesempatan ini beliau juga menjelaskan tentang restorative justice yaitu penyelesaian permasalahan secara bijak dan berkeadilan, dengan mempertimbangkan berbagai hal demi kebaikan bersama.

Selanjutnya kegiatan Temu Ramah dengan menggelar Forum Diskusi dan Tanya Jawab bersama Ninik Mamak terkait masalah Kamtibmas, beberapa permasalahan yang terkait dengan Kamtibmas disampaikan dan ditanggapi langsung oleh Kapolres Kampar.

Kegiatan silaturahmi melalui pertemuan tatap muka dengan Lembaga Adat Kampar ini berakhir sekira pukul 11.0 WIB, pelaksanaan kegiatan tetap mempedomani protokol kesehatan dan berlangsung dengan penuh keakraban.

#Kampar

Index

Berita Lainnya

Index