Suherman,S.Kep.Ns

Adat Jangan Ditinggal

Adat Jangan Ditinggal
Kades Aur Cina, Suherman S.Kep.Ns saat meninjau potensi desanya di Bukit Selancang

Suherman, S.Kep.Ns ;
Adat Jangan Ditinggal

INHU - Kepala desa Aur Cina kecamatan Batang Cenaku kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Suherman S.Kep.Ns mengajak serta lapisan masyarakat desa untuk selalu menggandeng lembaga adat di desa yang ia pimpin.

Hal itu diungkapkan, Rabu (11/8/2021) sekira pukul 11.00 WIB di hadapan awak media ini. Penyampaian itu juga dilakukan seiring dengan perbincangan beberapa tokoh masyarakat yang berniat mengembangkan kemajuan disegala bidang untuk desa tercinta.

Seperti halnya penyampaian salah seorang tokoh masyarakat, Hanidi yang berencana ingin mengembangkan pemanfaatan potensi desa menjadi latar galian perekonomian masyarkat desa. Menurut Hanidi, latar galian ekonomi yang dimaksud adalah potensi desa yang saat ini diketahui masih tertidur dalam arti tak tersentuh tangan untuk dijadikan sarana peningkatan taraf hidup masyarakat.

" seperti halnya lahan lahan hutan yang ada di wilayah desa kita. Ia masih terbiarkan. Katakan saja saat ini kita mempunyai hamparan bukit Selancang, mengapa tidak kita kembangkan menjadi argo wisata. Padahal, Selancang Hill saat ini sudah menjadi ikon rekreasi masyarakat nomor wahid di wilayah BatangCenaku " paparnya.

Terkait perbincangan itu, Kades AurCina, Suherman S.Kep.Ns mewejang sejumlah tokoh masyarakat yang menghadap. Kades meminta siapapun waarganya yang mempunyai hajat atau niat berbentuk karya, sekecil apapun haruslah melibatkan lembaga adat di desa Aur Cina.

Mengapa demikian? Kata Suher demikian panggilan akrab Kades, menyebut lembaga adat adalah terdiri dari para cendekiawan, tokoh masyarakat, tokoh agama juga para Ninik Mamak. Tentunya ini mampu mengkafer semua materi yang dibutuhkan. Kades menambahkan adat adalah cikal bakal berbagai jenis peraturan yang berlaku, bahkan Undang undang. Hingga demikian keberadaan adat haruslah tetap ada ditengah tengah kita " tutup Kades. (budi)

Berita Lainnya

Index