Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI Buat Peta Administrasi Desa Air Molek II

INHU - Secara umum peta berisi gambaran umum permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu dan dilengkapi dengan legenda, adapun legenda memuat tentang simbol-simbol berisi keterangan. Peta administrasi merupakan data teknis yang sangat diperlukan dalam suatu desa untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah. 

Peta administrasi digunakan sebagai sarana penyampaian informasi mengenai suatu kondisi letak suatu wilayah dan lingkungan disekitar wilayah tersebut, sehingga mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai suatu daerah. Peta desa terdiri dari informasi-informasi seperti batas wilayah desa dan informasi penting lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 memiliki salah satu program kerja yakni pembuatan Peta Administrasi untuk Desa Air Molek II. 

Pada awalnya di Kantor Desa Air Molek II sudah terdapat Peta Administrasi, namun peta yang tersedia belum terdapat pembaruan kembali terkait dengan batas-batas wilayah sekitar desa. Oleh karena itu Tim kukerta balek kampung UNRI melakukan pembaruan terkait dengan kesesuaian kondisi wilayah saat ini.

"Proses pembuatan peta dilakukan melalui dua tahap pelaksanaan, yakni: 1) Pengolahan Data, dan 2) Finishing/Layouting," ujar Muhammad Fadhilah Ketua Tim Kukerta Balek Kampung Unri Desa Air Molek II, Jumat (30/07/2021).

Pada Tahap pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi software Arcgis melalui laptop. Selanjutnya pada tahap Finishing/Printing yaitu berupa mencetak peta yang telah jadi menggunakan bahan banner dan akan dipasang/ diserahkan di Kantor Desa Air Molek II sebelum kegiatan KKN berakhir.***






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar