Literasi Digital di Kampar Mengangkat Tema Kemajuan Tekonologi, Musibah atau Anugerah

KAMPAR - Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital, pada Senin 19 Juli 2021 pukul 09.00 WIB - selesai di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

4 kerangka digital diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema.

Sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Riau yaitu Drs. H. Syamsuar, M.Si., memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Kemudian, Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

MOH. ROUF AZIZI (Praktisi Digital, Pegiat Literasi Digital, Relawan TIK, Pemerhati Pendidikan, CEO Riaukarya.com, dan Ketua APIK Riau), pada sesi KECAKAPAN DIGITAL. Azizi memaparkan tema “JENIS-JENIS MESIN PENCARIAN (SEARCH ENGINE) DAN TIPS MEMILAH INFORMASI DARI MESIN PENCARIAN”. 

Dalam pemaparannya, Azizi menjelaskan mesin pencarian informasi merupakan situs yang memiliki kemampuan untuk mencari halaman situs web di internet berdasarkan basis data dengan bantuan kata kunci. Jenis mesin pencarian yang populer di Indonesia antara lain, google, bing, yahoo, baidu, altavista, dan aol. Google masih berada ditingkat pertama mesin pencarian informasi terfavorit, baik di dunia maupun di Indonesia. Proses kerja mesin pencarian informasi melalui, penelurusan, pengindeksan, serta pemeringkatan.

Tips agar pencarian informasi di mesin pencarian menjadi lebih akurat, mudah, dan efektif antara lain, perhatikan urutan kata mencari, gunakan tanda minus (-) untuk menyaring hasil, gunakan tautan yang disarankan dari hasil pencarian, jangan bias hasil, serta gunakan simbol titik dua (:) untuk filter hasil pencarian.

Dilanjutkan dengan sesi KEAMANAN DIGITAL oleh, ALIY HAFIZ (Kepala Lembaga Penelitian AMIK Dian Cipta Cendekia dan Pengurus APTIKOM Lampung”. Aliy mengangkat tema “KEMANAN INVESTASI DI RUANG DIGITAL”. 

Aliy menjelaskan Investasi merupakan metode pekerjaan uang untuk menghasilkan uang. Alasan berinvestasi, sebagai tabungan, deposito, asset tanah dan bangunan, serta pensiun dini. Terdapat beberapa jenis pilihan investasi antara lain, saham, reksa dana, valuta asing, crypto, dan logam mulia. Tips aman saat berinvestasi dengan cara, kenali tips investasi, pilih perantara yang tepat, skema investasi, dan diverifikasi investasi dan mempunyai aliran pendapatan. Waspada dan laporkan investasi bodong melalui lapor.go.id, cekrekening.id, patrolisiber.id, [email protected] serta [email protected]

Sesi BUDAYA DIGITAL oleh, ARY DESMAN (Guru dan Pembina OSIS SMA Negeri 1 Tambang, Kampar, Riau dan Ketua Komunitas Android Pekanbaru Riau). Ary memberikan materi dengan tema “INTERNET ADDICTION: HOW MUCH IS IT TO MUCH?”. 

Ary membahas internet addiction atau kecanduan internet merupakan penggunaan internet berlebihan akibat kurangnya kemampuan dalam pengendalian diri dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab kecanduan internet ialah gangguan kontrol impuls, rangsangan atau gerak hati secara tiba-tiba untuk melakukan sesuatu tanpa pertimbangan, yang tidak melibatkan penggunaan obat yang memabukan dan sangat mirip dengan pengendalian diri. Jenis-jenis kecanduan internet antara lain, kelebihan informasi, game online, adiksi cyber seksual, adiksi cyber relationship, dan net compulsions. 

Gejala kecanduan internet meliputi, gejala emosional dan gejala fisik. Gejala emosional seperti, merasa lebih baik saat mengakses internet dan merasa gelisah saat jauh dari internet. Gejala fisik seperti, sakit punggung dan pinggang serta kebersihan tubuh buruk. Efek kecanduan internet meliputi, tidak ada rasa percaya diri, mengabaikan keluarga, lupa waktu, pengeluaran uang tidak terkendali, serta pekerjaan terabaikan. Cara mengatasi kecanduan internet dapat dilakukan dengan menetapkan tujuan yang jelas, beri hadiah untuk diri sendiri, buat perencanaan, jadikan sebuah pelajaran, serta hiburan dunia nyata dan berikan waktu untuk keluarga.

Narasumber terakhir pada sesi ETIKA DIGITAL oleh, AKHIR YANI (Ketua PWI Kabupaten Kampar). Yani mengangkat tema “TIPS MENGENALI BERITA PALSU DAN VERIFIKASI”. 

Yani menjelaskan berita bohong atau hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar tetapi, dibuat seolah-olah benar adanya. Tujuan dari berita bohong ialah membuat masyarakat tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan. Beberapa tips untuk mengenali berita palsu diantaranya, tidak langsung percaya dengan judul, cermati tautannya, selidiki sumbernya, amati jika ada format beritanya tidak wajar, cek keaslian fotonya, periksa tanggalnya, periksa buktinya, serta bandingkan dengan berita lain.

Cara untuk memverifikasi berita yang berdar di internet dan media sosial meliputi, cek informasi tentang media di dewan pers, penelusuran gambar dengan fitur google, dan mengecek kredibilitas narasumber dalam berita. Ancaman hukuman penyebaran hoax melalui pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Setiap orang dengan sengaja dan/atau hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan diancam pindana maksimal enak tahun penjara dan denda maksimal satu milyar.

Webinar diakhiri oleh, RIANDY RIZKY SEPTIAN (MC Profesioanal dan Influencer dengan Followers 1.834). 

Riandy menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, tips agar pencarian informasi di mesin pencarian menjadi lebih akurat, mudah, dan efektif antara lain, perhatikan urutan kata mencari, gunakan tanda minus (-) untuk menyaring hasil, gunakan tautan yang disarankan dari hasil pencarian, jangan bias hasil, serta gunakan simbol titik dua (:) untuk filter hasil pencarian. Tips aman saat berinvestasi dengan cara, kenali tips investasi, pilih perantara yang tepat, skema investasi, dan diverifikasi investasi dan mempunyai aliran pendapatan.

Cara mengatasi kecanduan internet dapat dilakukan dengan menetapkan tujuan yang jelas, beri hadiah untuk diri sendiri, buat perencanaan, jadikan sebuah pelajaran, dan hiburan dunia nyata. Serta Cara untuk memverifikasi berita yang berdar di internet dan media sosial meliputi, cek informasi tentang media di dewan pers, penelusuran gambar dengan fitur google, dan mengecek kredibilitas narasumber dalam berita. (rilis)
 






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar