Kurban Idul Adha

Jumlah Hewan Kurban Desa Aur Cina Meningkat

Suasana qurban di area masjid Ar Rido dusun Pematang Duku desa Aur Cina.

INHU - 8 ekor Sapi 2 ekor kambing disembelih oleh panitia qurban dusun Pematang Duku desa Aur Cina kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indrgairi Hulu (Inhu), Sabtu (20/7/21) sekira pukul 08.00 WIB. Penyembelihan qurban itu berpusat disekitar area Masjid Ar Rido dusun Pematang Duku.

Ketua Panitia kurban dusun Pematang Duku, Nursam, saat dikonfirmasi awak media ini membenarkan penyembelihan 8 sapi qurban tersebut dilakukan hari itu, tepat setelah usai sholat Id. Menurut Nursam penyembelihan hewan kurban kali ini ada peningkatan ketimbang tahun lalu.

" Alhamdullilah hari raya tahun ini ada peningkatan. Kalau tahun lalu hanya 8 ekor sapi, sekarang ditambah 2 ekor kambing " ucap Nursam.

Kendati demikian, sebagai sosok muda yang ditokohkan di dusun Pematang Duku desa Aur Cina , Nursam tetap menggandeng para tokoh agama, tua tau seperti halnya Haji Lukman, Ali Munir, Musliadi dan para guru ngaji.

Nursam mengaku senang melihat kekompakan umat islam di wilayah dusunnya yang bekerja bersama panitia kompak dan penuh semangat. Daya tarik selama setahun berjalan untuk qurban pun terus meningkat setiap tahunnya.

Terbukti jika 2 tahun lalu paling 5 ekor justru setahun lalu meningkat 8 ekor dan tahun ini bertambah 2 ekor kambing, genap 10 ekor hewan kurban. Nursam berharap antusias dan niat berkurban masyarakat terus meningkat agar bisa berbagi daging lebih luas lagi " semoga terus meningkat agar bagi daging makin meluas " katanya.

Sapari (43), selaku peserta kurban Sapi saat dikonfirmasi juga mengatakan masih aktif jadi peserta, baik tahun kemaren ataupun tahun ini. Dikatakannya penyembelihan qurban tahun ini meningkat. Pria yang satu ini juga mengaku merasa asik jika tiap tahunnya bisa berkurban, sebab tak ada batasan bagi umat islam untuk beramal, " ya kalau mampu kapan saja bisa sih membagikan daging sapi " katanya sambil gurau.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di dusun Pematang Duku juga dihadiri Kepala desa Aur Cina, Suherman. Kades saat dikonfirmasi mengaku senang dengan semangat berqurban warga desa yang ia pimpin.

Menurut Suher, sapaan akrap sang Kades, mengatakan penyembelihan qurban tahun ini adalah cermin kualitas iman masyarakatnya, khususnya umat Islam di dusun Pematang Duku, " Ya saya bangga semakin hari semakin banyak warga yang beramal baik seperti halnya kurban " ujarnya.

Kades juga berpesan panitia untuk bisa membagi daging qurban se adil adilnya pada yang membutuhkan. Bahkan Suher meminta hendaknya daging juga bisa dibagikan ke luar dusun Pematang Duku, apabila daging berlebih.

Namun demikian Kades tetap menekankan kepada panitia untuk tidak meninggalkan satu orang pun warga dusun setempat hingga tak ada lagi cerita ada yang tidak mendapatkan bagian daging , " jangan ada satu pun pihak di dusun yang tak memperoleh daging kurban " tutup Kades. (by)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar