Jelang Akhir Tahun, Dinas PMD Inhu Rapat Kordinasi Bersama Tim Pengendali Kecamatan

RENGAT - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu menggelar rapat kordinasi bersama Tim Pengendali Kecamatan, Rabu (13/12/2017).
 
Dalam rapat tersebut dipimpin secara langsung oleh Kepala Dinas PMD Inhu, Ir. Hasman Dayat M.Si dan diikuti oleh Camat se Kabupaten Inhu. Turut hadir, para Tim Ahli Kabupaten, Kabid Penatausahaan Keuangan dan Aset Desa Kadaruzman M.Si, dan sejumlah pejabat dilingkungan Dinas PMD Inhu.
 
Kepala Dinas PMD Inhu, Ir Hasman Dayat M.Si dalam arahannya menegaskan bahwa pengajuan permohonan pencairan dana yang bersumber dari dana APBN, APBD, maupun bagi hasil pajak dan retribusi harus sudah diterima di sekretariat ADD  sebelum tanggal 19 Desember 2017 yang ditetapkan oleh Badan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Inhu.
 
"Pengajuan permohonan pencairan tidak dapat diterima apabila melewati batas waktu yang telah ditetapkan," jelasnya.
 
Kemudian terkait penatausaan ada tiga poin yang harus diperhatikan pihak desa, antara lain:
 
Pertama,  untuk penatausahaan penerimaan dan pengeluaran keuangan desa, bendahara per 31 Desember 2017 wajib menutup buku kas umum, buku kas pembantu pajak, dan buku bank.
 
Kedua, sisa dana yang ada di bendahara desa wajib disetorkan sebelum 31 Desember 2017 ke rekening desa.
 
Ketiga, Untuk tahun 2018 segala pengeluaran desa yang mengakibatkan beban APBDesa tidak dapat dilakukan sebelum rancangan peraturan desa tentang APBDesa ditetapkan menjadi peraturan desa tahun 2018, terkecuali untuk belanja pegawai dan operasional perkantoran yang ditetapkan dalam peraturan kepala desa.
 
Selanjutnya terkait pekerjaan, semua pelaksanaan pekerjaan fisik di desa harus selesai 100 % per 31 Desember 2017, semua pekerjaan fisik di desa dibayarkan sesuai dengan % (persentase) progres fisik kerjaan, dan desa membuat progres fisik sesuai pekerjaan dan melaporkan kepada tim pengendali kecamatan.
 
Pada kesempatan tersebut, mantan Kepala Disperindag Inhu ini berharap semoga penatausahaan desa tersusun rapi dan pekerjaan fisik di desa dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu, sesuai harapan bersama, sehingga masyarakat desa dapat menikmati hasil pembangunan dengan baik yang nantinya bermuara menuju masyarakat Inhu lebih sejahtera. (azi)
 

Kepala Dinas PMD Inhu, Ir Hasman Dayat M.Si saat menyampaikan arahan

Nampak Tim Pengendali Kecamatan sedang serius mengikuti rapat kordinasi di Aula Kantor Dinas PMD Inhu

Kadis PMD Inhu Ir Hasman Dayat M.Si saat memimpin rapat

Nampak para TimAhli Kabupaten sedang serius mengikuti rapat kordinasi

Beginilah suasana rapat kordinasi Dinas PMD Inhu bersama Tim Pengendali Kecamatan