TAHUKAH ANDA

Mandi Dua Kali Sehari Tidak Baik untuk Kesehatan

Mandi Dua Kali Sehari Tidak Baik untuk Kesehatan
foto : internet
Rata-rata orang Indonesia memiliki kebiasaan mandi dua kali sehari yaitu pagi dan siang hari. Hal ini dinilai dapat menjadikan badan sehat dan segar. Namun ternyata, sebuah penelitian tidak mendukung pernyataan ini.
 
Baru-bari ini, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan mandi pagi dan sore hari yang biasa dilakukan dinilai tidak sehat. Pasalnya, sabun yang digunakan tidak bisa membunuh kuman.
 
Akibatnya, sisa-sisa sabun pun bisa mencemari lingkungan hingga menjadi limbah. Dilansir dari Daily Mail, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) membatasi pasiennya untuk mandi, terutama sebelum menjalani operasi.
 
Terlalu sering mandi juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Asisten profesor kedokteran di divisi dermatologi di University of California, Dr Casey Carlos menjelaskan, bahwa mandi setiap hari menyebabkan kulit kering.
 
Selain itu, jika Anda melakukan scrubbing saat mandi, praktik ini juga bisa membuat kulit kehilangan minyak esensial dan lipid. Penelitian ini mengklaim, saat mandi dengan sabun atau loofah bisa merusak lapisan terluar dari permukaan kulit. Risiko yang sama juga bisa muncul saat Anda mandi dengan air hangat.
 
Jika tetap ingin menggunakan air hangat, Carlos menganjurkan agar mandi sesingkat mungkin. Selanjutnya, keringkan tubuh dengan handuk yang lembut dan jangan lupa aplikasikan pelembab.
 
"Tak perlu khawatir akan sel kulit mati sebab mereka justru menawarkan perlindungan untuk sel-sel sehat. Justru bila terlalu sering mandi, kulit akan cenderung kering, iritasi dan berisiko pecah-pecah," papar Carlos.
 
Sumber:Sindonews.com

Berita Lainnya

Index