Kenali Tanda- Tanda Seseorang Berbohong Kepada Anda

Kenali Tanda- Tanda Seseorang Berbohong Kepada Anda
foto : internet
PEKANBARU - Berbohong memang menjadi hal yang sudah biasa bagi seseorang, untuk melakukan pembelaan terhadap dirinya atau menutupi sesuatu yang ia alami atau bahkan yang ia ketahui. Memang susah untuk membedakan antara orang yang jujur dan berbohong, Alasan yang ia berikan seolah-olah membuat kita percaya begitu saja. Nah bagaimana cara kita untuk mengenali orang yang sedang berbohong ketika berhadapan atau berbicara dengan kita?
 
Afandi Hidayat seorang guru seni di SMA Pekanbaru ia juga pernah belajar tentang ilmu psikologi mengatakan, ada beberapa cara untuk mengenali dan mengetahui seseorang berbohong :
 
1. Perubahan wajah
Coba pastikan wajah awal disaat berbicara biasa dengan ia berbohong, pasti mengalami perubahan. Ketika seseorang berbohong cenderung mukanya berubah agak kemerahan, dan akan memainkan tangan sebagai media bantu untuk berpikir.
 
2. Gigit bibir
Seseorang yang berbohong akan menggigit bibir ketika berbicara walaupun sesekali dan menarik nafas dalam-dalam, karena adanya refleks tubuh yang secara spontan sehingga otak langsung bekerja, oleh karena itu seseorang yang berbohong pasti akan berbicara dengan hati-hati dan tegas.
 
3. Bola mata memandang ke kanan dan ke kiri atau sering bergerak-gerak.
Jika bola matanya mengarah kekiri,maka pada saat itu ia akan menggali lagi ingatannya untuk berkata jujur, jika ia mengarahkan bola mata kekanan besar kemungkinan ia akan berbohong, karena ia akan berpikir dan berimajinasi untuk beralasan memberikan jawaban. Ketika ia menggerak-gerikan bola matanya, berarti ia ragu akan memberikan jawaban dan akan mengeluarkan kata-kata "a..a..a.."
 
4. Senyum
Orang yang jujur atau terus tersenyum akan berbeda dengan senyum yang penuh kebohongan,karena kalau ia tulus senyum semua kulit wajah akan berkerut dan bibir agak sedikit terbuka, kalau senyum bohong hanya pada bagian mulut saja atau bibir, kalau senyum sinis atau hanya sedikit pada ujung bibir berarti menandakan seseorang yang sombong atau bisa juga meremehkan orang lain.
 
5. Gelisah
Orang yang gelisah ketika diajak berbica cendrung ia sedang berbohong,karena ia akan berpikiran bagaimana cara supaya cepat selesai bercerita dengan kita, kemudian orang yang berbohong akan mengeluarkan keringat tanpa ia sadari biasanya pada bagian dahi dan leher,dibandingkan dengan orang yang berkata jujur dia bakalan enjoy dan santai ketika ditanya ataupun diajak bercerita.
 
Sumber: Bertuahpos.com

Berita Lainnya

Index