Inhu Kejar Pengembangan Destinasi Wisata

Inhu Kejar Pengembangan Destinasi Wisata
foto : mc riau
RENGAT- Kabupaten Indragiri Hulu ternyata menyimpan banyak potensi wisata. Geografis alam sebenarnya sangat menguntungkan bagi kabupaten di bawah pimpinan Bupati H Yopi Arianto SE dan Khairizal sebagai wakil Bupati.
 
Dengan potensi yang ada, saat ini kabupaten Indragiri  Hulu sedang berusaha untuk terus berupaya agar Inhu bisa menjadi salah satu Destinasi wisata di Provinsi Riau.Potensi alami dimiliki salah satu kabupaten tertua di Riau ini, diantaranya berada pada Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).
 
TNBT yang disahkan berdasarkan SK Menteri Kehutanan, SK No. 539/Kpts-II/1995. Kemudian luasnya ditambah menjadi 144.223 hektar berdasarkan Sk Menteri Kehutanan, SK No. 6407/Kpts-II/2002, menyimpan surga dunia yangg tersembunyi.
 
Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan kawasan hutan yang berbukit di tengah-tengah hamparan dataran rendah bagian Timur Sumatera, dan mempunyai potensi keanekaragaman jenis tumbuhan/satwa endemik yang bernilai cukup tinggi.
 
Ekosistem di TNBT sangat berbeda dengan ekosistem taman nasional lainnya karena ekosistem TNBT merupakan hutan hujan tropika daratan rendah dan merupakan peralihan antara hutan rawa dan hutan pegunungan yang terpisah yang terpisah dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan.
 
Air terjun di sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau menyimpan keindahaan alam nan menakjubkan. Air terjun Bukit Tiga Puluh ini setidaknya saat ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi para wisatawan yang ingin berpetualang sekaligus wisata menyaksikan keindahan alamnya.
 
Selain potensi alam tersebut, pada areal  ini juga terdapat masyarakat pedalaman dengan segala bentuk seni dan  budaya nya, mereka adalah masyarakat Talang Mamak.Guna mempublikasikan potensi ini, Pemkab Inhu melalui Disporabudsata telah menggelar berbagai even di sekitar TNBT.
 
Salah satunya adalah even adalah Festival Batang Gansal. Even bertajuk Budaya dan Pariwisata ini, sudah menjadi agenda tahunan di Inhu. Berbagai kegiatan budaya dilaksanakan dalam even di desa dipinggiran TNBT bernama Rantau Langsat di kecamatan Batang Gansal.
 
Kadispora Budsata Inhu, Armansyah mengungkapkan bahwa pelaksanaan even tersebut bertujuan untuk terus menjaga kelestarian budaya sekaligus promosi Pariwisata di Inhu."Rata-rata dipertontonkan seni budaya Talang Mamak dan Melayu. Even ini sudah  menjadi agenda tetap Indragiri Hulu setiap tahunnya, tegasnya.
 
Sumber: MC Riau

Berita Lainnya

Index