Wapres JK: Uang Rupiah Baru Lebih Bagus

Wapres JK: Uang Rupiah Baru Lebih Bagus
Wapres Jusuf Kalla. foto : internet
JAKARTA - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla menganggap desain uang rupiah yang baru lebih bagus dibandingkan dengan desain mata uang lainnya di seluruh dunia, termasuk di negara-negara maju.
 
"Kalau Yuan warnanya agak abu-abu saja. Dolar warnanya ya itu-itu saja, hitam-abu-abu. Kalau kita (Rupiah) kaya warna. Ada hijau, kuning, biru," katanya di Kantor Wapres di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, seperti dilansir Antara, hari ini.
 
Munculnya uang Rupiah baru yang diterbitkan Bank Indonesia, menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Banyak pihak menyebut uang kertas baru itu mirip dengan Yuan.
 
Komentar miring di media sosial, bahkan lebih beragam lagi. Ada yang menyebut logo Bank Indonesia sebagai palu arit, ada pula yang mengkafirkan gambar tokoh pahlawan dalam uang kertas baru itu.
 
JK karena itu tidak setuju dengan tanggapan sebagain masyarakat yang menyamakan uang rupiah desain baru dengan uang negara lain, termasuk Cina.
 
"Kalau kita malah bagus. Karya asli. Boleh beda-beda modelnya. Ada foto pahlawan nasional, juga ada garis pengamannya. Anda tidak lihat gambarnya di dalam garis pengaman itu," ujarnya di depan sejumlah awak media nasional.
 
Soal gambar pahlawan pada uang kertas dan logam, lanjut Kalla, memang dibuat bergiliran karena jumlah pahlawan nasional banyak.
 
"Dulu (Jenderal) Sudirman. Yang sekarang lain lagi. Jadi bergilir pahlawan-pahlawan itu. Kemungkinan (pahlawan) daerah yang belum ada. Tunggulah lima tahun lagi," katanya.
 
Bank Indonesia mengeluarkan satu seri uang rupiah tahun emisi 2016, Senin (19/12), yang terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam dengan gambar pahlawan yang berbeda dari yang sebelumnya. 
 
Sumber : Antaranews.com

Berita Lainnya

Index