Bupati Rohul Dampingi Pj. Gubri Hadiri Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai

Bupati Rohul Dampingi Pj. Gubri Hadiri Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai

ROHUL - Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dampingi PJ. Gubernur Riau (Gubri) saat berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu, kunjungan ini menghadiri Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-63 sekaligus mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu. Selasa (18/06/2024).

Dalam kunjungan ini, PJ Gubernur SF Hariyanto juga didampingi oleh Anggota DPR RI H. Abdul Wahid, S.Pd, M.Si, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Syafaruddin Poti, Anggota DPRD Riau Syamsurizal, Kepala Dinas Kominfo Rohul H. Syofwan, S.Sos, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST.MM, Kabid IKP Diskominfo Rohul Rudy Fadrial, S.Sos, serta pimpinan lainnya.

Kegiatan safari dimulai dengan kunjungan ke RSUD Rokan Hulu untuk meninjau perkembangan pembangunan fasilitas kesehatan dan berdialog dengan tenaga kesehatan serta pasien. SF Hariyanto memberikan apresiasi atas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Rokan Hulu, meskipun di tengah keterbatasan sarana dan prasarana.

“Saya sangat menghargai upaya yang telah dilakukan oleh seluruh jajaran RSUD Rokan Hulu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan yang baik ini patut diapresiasi dan ditingkatkan lagi,” ujar Hariyanto.

Selain itu, PJ Gubernur juga menyoroti pentingnya melanjutkan pembangunan RSUD yang sempat tertunda. Ia menegaskan komitmen pemerintah provinsi untuk mendukung penuh kelanjutan proyek pembangunan rumah sakit tersebut.

Menanggapi hal ini, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, melalui Kepala Dinas PUPR Anton ST.MM, menyatakan kesiapan pemerintah daerah untuk bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pusat. Mereka akan menyusun rencana detail untuk melanjutkan pembangunan RSUD setelah mendapatkan kepastian anggaran.

“Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan RSUD ini. Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan siap untuk bergerak cepat begitu nantinya anggaran telah disetujui,” tutup Anton.

Setelah kunjungan ke RSUD, PJ Gubernur Riau, Bupati Rohul beserta rombongan menghadiri peringatan ke-63 Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai di Surau Suluk Dusun Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai. Dalam kesempatan tersebut, SF Hariyanto menyampaikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi atas jasa-jasa Syekh Ma'sum Tambusai dalam menyebarkan ajaran Islam di Riau.

“Syekh Ma'sum Tambusai adalah ulama besar yang telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan Islam di Riau. Peringatan haul ini adalah wujud penghormatan umat kepada beliau dan perjuangannya,” ucap Hariyanto.

PJ Gubri juga mengajak masyarakat untuk meneladani nilai-nilai perjuangan dan keteladanan yang ditunjukkan oleh Syekh Ma'sum Tambusai. Menurutnya, semangat juang dan keteladanan Syekh Ma'sum Tambusai harus dapat dijadikan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kunjungan yang dihadiri tokoh agama, tokoh adat, dan ratusan masyarakat ini, SF Hariyanto juga menyerahkan bantuan dari Program Kemitraan yang bekerja sama dengan Bank Riau Kepri sebesar Rp 50.000.000 untuk transportasi jemaah suluk yang akan melaksanakan ziarah kubur di Basilam, Sumatera Utara.

Sementara itu, untuk rencana perbaikan Surau Suluk ini akan memanggil Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Riau untuk membahasnya agar bisa dimasukkan dalam APBD perubahan dan APBD 2025.***

Berita Lainnya

Index