Pemkab Rokan Hulu dan BPJS Kesehatan Gelar Rapat Forum Kemitraan Fasilitas Kesehatan

Pemkab Rokan Hulu dan BPJS Kesehatan Gelar Rapat Forum Kemitraan Fasilitas Kesehatan

ROHUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) bekerja sama dengan BPJS Kesehatan mengadakan Rapat Forum Kemitraan Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan dengan pemangku kepentingan di Kabupaten Rokan Hulu. Rapat ini dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H. Fhatanalia Putra, S.Sos, yang mewakili Bupati Rohul.

Dalam sambutannya, H. Fhatanalia Putra, S.Sos menegaskan bahwa pemerintah hadir untuk melayani masyarakat, dengan salah satu tugas utama adalah memastikan kesehatan masyarakat terjamin.

"Sering saya sampaikan kita ini ada untuk membahagiakan masyarakat, dan permasalah mendasar yaitu masalah kesehatan. Kalau sudah tidak sehat maka harus istirahat dan tidak bisa bekerja," ujarnya. Senin (10/06/2024).

Selain itu, Fhatanalia juga menekankan pentingnya dukungan terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digagas pemerintah pusat.

"Pemerintah Daerah harus mensupport program ini, sehingga semua orang punya komitmen untuk mensukseskan Jaminan Kesehatan, meningkatkan mutu pelayanan, dan memastikan semua masyarakat memiliki jaminan kesehatan," tambahnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Muhammad Fakhriza, menjelaskan bahwa forum kemitraan ini dilaksanakan untuk menyamakan pemahaman, mempermudah koordinasi, serta memperoleh dukungan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan efektivitas pengelolaan Fasilitas Kesehatan (Faskes).

"Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan oleh Presiden Jokowi, di mana BPJS Kesehatan harus melakukan perbaikan mutu layanan bersama-sama Faskes," katanya.

Fakhriza menambahkan bahwa capaian Universal Health Coverage (UHC) berdasarkan RPJMN tahun 2024 harus mencapai 98 persen dari jumlah penduduk. Untuk Kabupaten Rokan Hulu sendiri, per 1 Juni 2024, sudah mencapai 91,4 persen dan diupayakan pada bulan Juli 2024 sudah mencapai UHC.

"Untuk perluasan kepesertaan harus dibarengi juga dengan perluasan kerjasama dengan Faskes dengan tujuan memudahkan peserta mendapatkan akses layanan," jelasnya.

Lebih lanjut, Fakhriza memaparkan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru telah menjalin kerjasama dengan 49 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 4 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di wilayah Kabupaten Rokan Hulu per 1 Juni 2024.

"BPJS kesehatan dalam hal meningkatkan mutu pelayanan juga melakukan transformasi digital yang akan memberikan dampak dari sisi peserta dan Faskes, termasuk dari kecepatan proses klaim dan pengurangan fraud (kecurangan) JKN," tambahnya.

Sebagai langkah konkret dalam meningkatkan mutu pelayanan, Fakhriza menjelaskan bahwa setiap Faskes diharuskan membuat "Janji Layanan" sebagai bentuk komitmen untuk terus melakukan perbaikan.

"Faskes juga bersedia menerima laporan pengaduan apabila tidak menjalankan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan sesuai dengan janji layanan JKN," tutup Fakhriza.

Rapat ini juga dihadiri oleh Plt Kadis Kesehatan drg. Septien Asmarwiati, BPPKB Rohul dr. Bambang Triono, Kepala BKPP Rohul Erpan Dedi Sanjaya, S.STP, M.Si, Sekretaris Bappeda Febri, perwakilan OPD terkait, perwakilan RSUD, BKSDM, serta Asosiasi Faskes.

Para peserta rapat berharap melalui forum kemitraan ini, dapat terjalin kerjasama yang lebih baik antara pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan serta Faskes, sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat Rokan Hulu semakin optimal.

Asisten I menambahkan bahwa dengan adanya forum kemitraan pengelolaan kerjasama ini, diharapkan semua pihak memiliki mindset yang sama mengenai pentingnya masalah kesehatan, serta memastikan Faskes dapat memberikan pelayanan terbaik.

"Karena pelayanan yang baik mempengaruhi dampak yang sangat besar untuk masyarakat," terangnya.

Forum ini juga bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja Faskes, serta memastikan semua aspek kerjasama berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Fakhriza menekankan bahwa BPJS Kesehatan bersama Faskes berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan setiap warga Rokan Hulu mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan memadai.

Berita Lainnya

Index