Tingkatkan Ketahanan Pangan, Koramil 03/Seberida Bersama Warga Siapkan Lahan Pertanian

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Koramil 03/Seberida Bersama Warga Siapkan Lahan Pertanian

INHU - Untuk terwujudnya ketahanan pangan, Danramil 03/Seberida, Kodim/0302/Inhu, Lettu Inf Diwar Asman bersama anggota kembali mendampingi warga menyiapkan lahan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan diwilayah teritorialnya, Jumat, (19/4/2024).

Lahan yang dipersiapkan merupakan diareal lahan milik Pemda Jalan Lintas Timur, Kulim 8, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Dalam penyiapan lahan saat ini pada tahap pembersihan tanah/pembajakan dengan menggunakan alat traktor dan membersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengolahan lahan serta nantinya pada saat ditanami maka tanaman pokok tidak terganggu pertumbuhannya oleh tanaman pengganggu tersebut.

Sementara itu, Danramil 03/Seberida Lettu Inf Diwar Asman saat ditemui menjelaskan, lahan yang berada diwilayah teritorialnya tersebut, nantinya akan dipersiapkan untuk tanaman palawija dan persiapan untuk perlombaan dalam rangka HUT KOREM 031/WB tahun 2024. Setelah proses pembajakan dengan traktor keesokan hari nya akan disemprot dengan Mikroba PA63LK31 sehingga tanah yang sudah digemburkan akan menjadi subur.

" Nantinya lahan ini akan kita persiapkan dengan tanaman palawija, karena memang lahannya sangat cocok dengan jenis tanaman palawija, sehingga kita harapkan hasilnya nanti juga bisa maksimal," jelasnya.

Danramil  juga menambahkan program ketahanan pangan ini merupakan perintah dari komando atas yang bertujuan untuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat, di mana aparat teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan.

"Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk permintaan dan pemenuhan hak atas pangan, guna meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,"pungkasnya.

Sementara itu, ketua kelompok tani (Poktan) Sukajadi 1, H. Subani S.Pd I, saat dikonfirmasi dilokasi menyebutkan, pihaknya sangat berterima kasih sekali kepada pihak TNI, khususnya dari Koramil 03/Seberida, Kodim 0302/Inhu, yang selalu membimbing dan membantu dalam proses pengolahan lahan pertanian, mulai dari pengolahan, penanaman, perawatan hingga masa panen.

" Kami atas nama Poktan Sukajadi 1, sangat berterima kasih sekali kepada pihak TNI yang selalu mendampingi dan memberikan arahan, agar dalam pengolahan pertanian ini dapat membuahkan hasil yang maksimal," tuturnya.(sur)

Berita Lainnya

Index