UPZ Desa Tanah Datar, Kembali Salurkan Zakat, Infak dan Sedekah Kepada Para Mustahik

UPZ Desa Tanah Datar, Kembali Salurkan Zakat, Infak dan Sedekah Kepada Para Mustahik

INHU - Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat yang kurang mampu, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menyalurkan bantuan dalam bentuk zakat, infak dan sedekah ada berupa uang dan berupa paket sembako kepada para mustahik.

Penyerahan bantuan zakat tersebut dilakukan secara dor to dor. "Dan sebagian pemberian zakat, infak dan sedekah petugas UPZ mendatangi langsung rumah yang berhak menerima. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (6/4/24)." ujar Ketua UPZ Desa Tanah Datar, Jamal Siswanto S.Ag kepada awak media.

"Penyaluran zakat, imfak sedekah difokuskan di desa Tanah Datar dan lingkungan disekitar desa Tanah Datar, penyaluran zakat imfak sedekah difokuskan kepada kaum duafa, fakir miskin, dan para janda dan orang yang kurang mampu," tambahnya.

Jamal menjelaskan, pada dasarnya ditahun ini mengalami penurunan muzaki dibanding tahun-tahun sebelumnya, kalau tahun sebelumnya UPZ desa Tanah Datar penyalurannya disamping untuk kaum dhuafa, fakir miskin juga ada santunan anak-anak sekolah yang kurang mampu, sabilillah, dan program pemberdayaan ekonomi berupa bantuan modal usaha kecil," tandasnya.

Namun demikian pengurus UPZ merasa bersyukur artinya masyarakat Tanah Datar sudah faham dan pentingnya akan zakat maal, imfak dan sedekah.

"Pada tahun ini, alhamdulillah, kembali pengurus UPZ desa Tanah Datar mendapatkan sokongan dari BMT Amanah Riau dalam penyaluran zakat, imfak dan sedekah," tambahnya.

Oleh karena itu dari sebagaian para mustahik, dhuafa dan fakir miskin selain mendapat dana santunan juga mendapatkan bingkisan berupa paket sembako.

Tidak lupa juga Bapak Jamal Siswanto selaku ketua UPZ desa Tanah Datar, mengucapkan banyak trimakasih kepada pihak BMT Amanah Riau yang bisa menjalin kerjasama dengan UPZ desa Tanah Datar dalam penyaluran paket sembako.

"Mudah-mudahan  kedepan harapan kita tetap terjalin kerjasama yang baik demi tegaknya perjuangan dakwah umat dalam hal zakat maal, imfak dan sedekah," harapnya.

Ucapan terimakasih disampaikan juga kepada semua pihak seperti donatur dermawan dan mukhsinin yang telah menyisihkan sebagian rizqi buat kaum dhuafa, terkhusus warga masyarakat desa Tanah Datar. Semoga harta yang bapak-bapak dan ibu berikan menjadi amal sholeh di Yaumil Qiyamah kelak, aamiin.

Selanjutnya Jamal Siswanto S.Ag selaku pengurus mohon maaf atas segala kekurangan baik dari mulai pengelolaan dan pendistribusian zakat, imfak dan sedekah, harapannya pengurus UPZ kedepan semoga semakin bertambah banyak para muzakinya sehingga bertambah banyak pula para mustahik yang mendapatkannya dari pengelolaan UPZ.

"Mudah-mudahan kedepan keberadaan UPZ desa Tanah Datar, yang merupakan satu-satunya UPZ desa yang ada di Kabupaten Inhu ini bisa berkembang dan maslahah barokah buat umat," pungkasnya.(sur)

Berita Lainnya

Index