Berbagi Takjil Gratis, SDN 017 Titian Resak Menutup Kegiatan Pesantren Ramadhan

Berbagi Takjil Gratis, SDN 017 Titian Resak Menutup Kegiatan Pesantren Ramadhan

INHU - Menutup kegiatan Pesantren Ramadan 1445 H, SDN 017 Titian Resak, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar pembagian takjil gratis, Selasa 2 April 2024.

Kepala SDN 017 Titian Resak, Muhammad Jumar M.Pd menyebut kegiatan ini sudah berjalan mulai dari tanggal 30 Maret hingga 2 April 2024. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pendidikan dan pengetahuan siswa dalam usaha meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah.

"Pesantren Ramadan ini sudah rutin kami gelar. Dimana bertujuan agar bisa menjadi media siswa untuk lebih mendalami ilmu agama. Sehingga bisa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah," ujarnya saat diwawancarai di sela penutupan kegiatan.

Menurutnya kegiatan peningkatan iman dan taqwa kepada Allah ini penting. Khususnya di era sekarang, banyak tantangan baru yang dihadapi oleh pelajar. Seperti terkait permasalahan Bullying, dampak negatif sosial media dan beberapa hal lainnya.

"Kegiatan ini juga jadi upaya menyikapi kehidupan bermasyarakat yang semakin global. Perlu adanya pembekalan iman dan taqwa yang mendalam terhadap anak di sekolah dasar. Karena selama ini pelajaran yang mengarah kepada keimanan, ketaqwaan dan budi pekerti masih terbatas," imbuhnya.

Selain pembagian takjil, kegiatan selama bulan ramadhan, setiap mengawali pelajaran di awali dengan giat keagamaan terutama shalat Duha, tadarus dan materi-materi yang berkaitan dengan bulan ramadhan.

" Pesantren kilat dilaksanakan selama 3 hari dari mulai dari 30 Maret s/d 2 April 2024, di akhiri dengan pemberian santunan anak yatim dan pembagian takjil," sebut Jumar.

"Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan tentang Agama Islam. Dan lebih pentingnya bisa meningkatkan budi pekerti luhur, berakhlakuk karimah dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menguatkan iman merajut persaudaraan dalam kebersamaan," pungkasnya.

Acara tersebut selain dihadiri oleh keluarga besar SDN 017 Titian Resak, juga turut hadir Pengawas SD dari Korwil Pendidikan Kecamatan Seberida, Darminingsih S.Pd yang sekaligus menutup kegiatan.(sur)

 

Berita Lainnya

Index