Hari Pertama Bulan Puasa, Lalulintas Simpang 4 Belilas Cukup Ramai

Hari Pertama Bulan Puasa, Lalulintas Simpang 4 Belilas Cukup Ramai
Lalulintas di perempatan Simpang 4 Belilas Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu, terpantau ramai

INHU - Memasuki hari pertama di bulan Ramadhan 1445 Hijriyah bertepatan tanggal 12 Maret 2024, suasana menjelang berbuka puasa di perempatan Simpang 4 Belilas Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), terpantau cukup ramai.

Terlihat kendaraan roda 2 yang mendominasi dilokasi tersebut, warga disana sengaja datang untuk mengajak keluarganya berjalan sore, atau yang lebih kerennya untuk bulan puasa istilah jalan sore dinamai ngabuburit.

Nama ngabuburit sendiri, bukan hal yang asing untuk masyarakat Indonesia, nama tersebut bahkan sudah familiar apabila bulan puasa tiba.

Ngabuburit bisa diartikan yaitu menunggu sore, tepatnya menunggu waktu berbuka puasa. Jadi ngabuburit ini sejatinya sudah ada sejak zaman dahulu kala, hanya saja tentunya dari tahun ketahun selalu berbeda beda segi antusiasme nya sesuai juga dengan keadaan ekonomi masyarakat di setiap daerahnya.

Di kecamatan Seberida sendiri tidak jauh berbeda dengan daerah daerah lainnya yang berada di Inhu, umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa, menghabiskan ngabuburitnya dengan memburu takjil.

Berburu takjil merupakan hal yang paling sering kita lakukan untuk persiapan buka puasa. Makanya tidak heran kalau pasar pasar takjil akan selalu ramai diserbu para pengunjung setiap sorenya. (sur)

Berita Lainnya

Index