Banjir Melanda Di Beberapa Daerah Rohul, Ketinggian Mencapai 2 Meter

Banjir Melanda Di Beberapa Daerah Rohul, Ketinggian Mencapai 2 Meter

ROHUL-Banjir kembali melanda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sejak Selasa 26/12/2023, hingga Rabu 26/12/2023 Sore, banjir masih menggenangi sebagian wilayah kabupaten Rohul, beberapa wilayah yang dilanda banjir yakni di kec. Rambah di kelurahan Pasir Pengaraian, Desa Koto Tinggi, Desa Babusalam, Desa Rambah Tengah Utara, Kecamatan Rambah Hilir, Kec. Rokan IV Koto Dll.

Kepala BPBD Rohul Zaljandri Rosa mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kab. Rohul sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan Darurat Siaga Banjir mengingat curah hujan yang tinggi dan debit air yang meningkat di penghujung tahun hingga awal tahun 2024.

"Kita tentunya sudah bersiap siaga untuk menghadapi banjir, terutama di penghujung tahun yang di beberapa daerah di Rohul yang merupakan daerah rawan banjir, seperti di rambah itu di daerah tanjung Harapan, Tulang gajah, Babusalam, Luba Hilir, kemudian di Rambah Hilir di daerah Kumu dan beberapa wilayah di Rokan, Kepenuhan dan daerah lain banjir terjadi akibat meluapnya 3 (tiga) sungai di Rokan Hulu yakni Sungai Rokan, Sungai Batang Lubuh dan sungai Batang Sosa," ujarnya.

Rosa mengatakan Dalam menangani Bencana Banjir dan membantu mengevakuasi Masyarakat, BPBD telah dengan sigap menurunkan personelnya dibeberapa Wilayah yang dilanda banjir tersebut.

"Sejak kemaren personel BPBD bekerja sama dengan TNI/Polri, sudah diturunkan di lokasi banjir dan mengevakuasi masyarakat yang kebanjiran kemudian akan tetap berjaga di lokasi tersebut hingga air Surut," ungkapnya.

Rosa melanjutkan Seperti yang diketahui sejak kemaren banjir meluas dan ketinggian banjir dibeberapa wilayah mencapai 1.5 Hingga 2 meter" jelasnya.

Kemudian Rosa juga menghimbau masyarakat agar segera mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, selamatkan barang berharga dan waspada akan banjir susulan.

"BPBD juga sudah mendirikan beberapa tenda Darurat untuk korban Banjir, salah satu nya di depan Kantor PMI kabupaten Rokan Hulu" pungkasnya.

Sementara untuk kebutuhan makanan, Ketua PMI Rokan Hulu melalui Sekretaris PMI Rohul H. Amri mengatakan saat ini PMI telah memberikan Bantuan Makanan kepada masyarakat Terdampak banjir.

"PMI sudah membagikan bantuan sembako Seperti Air Mineral, Mie Instan, Sarden Kaleng,Telur Ayam, Minyak Goreng, Beras kepada Masyarakat yang kebanjiran" ungkapnya.

Amri mengatakan Sejauh ini Bantuan Sudah Diberikan kepada masyarakat di Sekitar Ibu kota, dan Di kecamatan Rambah Hilir, sementara bantuan sembako diwilayah lain akan menyusul diberikan.

"Saat ini kita fokuskan terlebih dahulu di sekitar ibu kota, setelah ini kita menuju Kumu kec. Rambah hilir" tutupnya.

 

Berita Lainnya

Index