Gempa Bumi Kuansing Rusak Sejumlah Rumah di Desa Sei Sirih

Gempa Bumi Kuansing Rusak Sejumlah Rumah di Desa Sei Sirih
Dinding rumah warga yang retak akibat gempa bumi di Kuansing, Jumat (4/8/2023) sore kemarin. Foto: KB-03/Roder

KUANSING - Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyebabkan sejumlah rumah warga mengalami keretakan. Gempa berkuatan 4,3 Skala Richter pada Jumat (4/8/2023) sore kemarin tersebut paling dirasakan di wilayah Kecamatan Singingi.

Agus Sukamto, warga Desa Sei Sirih, Kecamatan Singingi menjelaskan, akibat gempa bumi yang terjadi menyebabkan beberapa bagian rumahnya mengalami retak bahkan ada yang runtuh.

Meski demikian, ia belum mengetahui berapa jumlah rumah wargan lainnya yang rusak mengalami keretakan. Menurutnya, saat ini Kepala Desa sedang mendata rumah yang mengalami rusak akibat gempa.

Agus awalnya mengira getaran yang terjadi bukan gempa bumi dan hanya mobil lewat.

"Soalnya bunyinya seperti gemuruh mobil lewat depan rumah. Tapi karena tetangga pada lari keluar rumah semua, jadi saya ikut keluar rumah dalam posisi gak sadar anak yang lagi tidur pun saya gendong bawa keluar rumah" jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT 01 RR 01 Desa Sei Sirih, Edi Suprapto, membenarkan adanya rumah warga mengalami retak akibat dari gempa bumi. Ia menyebut sementara ini sudah terdata 3 rumah yang mengalami keretakan pada dinding bangunan.

"Khususnya di wilayah RT saya ada sebanyak 3 rumah yang mengalami retak akibat dari gempa," kata Edi.

Camat Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, Saparman menghimbau masyarakat tetap tenang dan waspada terhadap gempa yang terjadi. Dilaporkan, titik kordinat gempa terjadi di Desan Kebun Lado tepatnya Sungai Paso yang berbatasan dengan Desa Sei Sirih, Kuansing.

Sejauh ini pemerintah, kata Saparman, terus memantau situasi di lapangan bersama seluruh kepala desa se Kecamatan Singingi. Hal ini untuk memastikan apakah ada korban dan kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

Informasi terjadinya gempa diunggah dalam laman media sosial Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Pusat gempa berada di darat 17 km barat laut Kuantan Singingi. Gempa terjadi pukul 16.15 WIB, dan berada pada kedalaman 10.0 kilometer dan tak berpotensi tsunami.

Sementara itu, titik koordinat gempa berada pada 0.36 LS (Lintang Selatan) dan 101.39 BT (Bujur Timur).***

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index