Dikunjungi Pengurus KUD, M. Ali Tanjung: Bibit Sawit untuk Petani F9 Siap Disalurkan 

KUANSING - Pengurus KUD Makarti Desa Sungai Keranji (F9) Kecamatan Singingi, mengunjungi lokasi pembibitan sawit milik PPKS Medan unit Kebun Lado. Kedatangan mereka untuk melihat dan melakukan pengecekan bibit sawit secara langsung yang akan digunakan untuk kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) seluas sekitar 800 hektare. 

Hal ini disampaikan Kepala PPKS Medan Unit Kebun Lado M. Ali Tanjung, bahwa kunjungan pengurus KUD dan sejumlah ketua kelompok tani beberapa har lalu itu, dalam rangka meninjau kesiapan dan ketersediaan bibit yang ada di Kebun Lado. Bibit yang ditinjau tersebut jenisnya adalah varietas Yangambi dan varietas PPKS 540.

Pada program PSR di Kabupaten Kuansing ini, dikatakan Tanjung, PPKS Medan ikut andil dalam memenuhi kebutuhan bibit sawit untuk masyarakat khususnya yang mengikuti program peremajaan atau replanting sawit di daerah tersebut, tak terkecuali masyarakat petani F9 yang tergabung di KUD Makarti dengan luasan lahan sawit sekitar 800 hektare.

"Ya, kemarin kelompok tani dan sejumlah pengurus KUD F9 sudah mengunjungi lokasi pembibitan PPKS Medan Unit Kebun Lado. Mereka meninjau ketersediaan bibit yang akan digunakan untuk program PSR. Ada dua varietas yang ditinjau yaitu, varietas Yangambi dan varietas PPKS 540. 

Setelah kunjungan ini, seperti disampaikan ketua KUD F9 kemarin itu, bulan depan rencananya mereka bersama petani akan mengunjungi PPKS Medan Unit Kebun Lado lagi. Hal ini agar petani juga bisa melihat ketersediaan bibitnya secara langsung," ujar Tanjung, ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (14/6/2021) kemarin.

Tanjung menuturkan, berdasarkan kontrak sebelumnya sudah disepakati dengan pihak KUD setempat, pihaknya menyatakan ketersediaan sebanyak 140 ribu batang bibit sawit untuk memenuhi kebutuhan petani di F9. Bibit sejumlah tersebut dikatakan, siap disalurkan kepada petani yang ikut program replanting secara bertahap setelah pelaksanaan tumbang chipping.

"Yang jelas bibit kita tersedia dan siap disalurkan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan petani F9, tapi juga untuk kebutuhan petani F7 dan F5 bibit kita juga siap untuk disalurkan. Saat ini justru kita butuh kepastian kapan bibit bisa disalurkan ke petani. Karena waktu terus berjalan dan program PSR dari pemerintah ini mesti berprogres dengan baik sesuai jadwal yang direncanakan," ungkap Tanjung.

Salah seorang ketua kelompok tani yang ikut pada peninjauan bibit bersama pengurus KUD tersebut, Karni menuturkan, bahwa bibit PPKS Medan yang ada di Kebun Lado itu dinilai cukup bagus, layak dan siap untuk ditanam di lahan petani yang mengikuti program PSR tersebut. 

"Bibit pokoknya bagus sudah mantap dan cocok dengan keinginan saya. Melihat bibit bagus begini secara pribadi saya ingin segera dilakukan replanting," ujarnya singkat.






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar