Libur Lebaran, Inilah Destinasi Wisata di Inhu yang Menarik untuk Dikunjungi

INHU - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki sejarah yang luar biasa, oleh karenanya Indragiri Hulu dijuluki Negeri Bersejarah.

Selain memiliki banyak sejarah, di Kabupaten Inhu juga  banyak terdapat objek atau destinasi wisata alam yang tidak kalah elok dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Bagi anda yang sedang mencari tempat liburan bersama sahabat, keluarga maupun bersama orang yang anda sayangi. Informasi dibawah ini dapat Anda jadikan referensi sebagai tempat tujuan Anda ketika hendak berwisata di Indragiri Hulu. 

Tempat Wisata di Indragiri Hulu Riau Menarik Dikunjungi:

1. Danau Raja

Danau Raja adalah salah satu tempat wisata di Kota Rengat, Tempat ini dulu sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. Tidak jauh dari danau ini terdapat replika Istana Kerajaan Indragiri yang konon ceritanya Istana asli kerajaan tersebut telah berada di tengah sungai Indragiri.

Lokasi  Danau Raja ini berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Rengat, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota dan perlu untuk bermalam, di depan area tempat wisata ini juga terdapat sebuah hotel yang dapat di jadikan sebagai tempat bermalam bagi wisatawan dengan fasilitas yang memadai. 

2. Tugu 5 Januari

Tugu 5 januari dibangun untuk mengenang untuk mengenang peristiwa Rengat bersejarah, yang terjadi pada tanggal 5 Januari 1949 oleh agresi militer Belanda II. Peristiwa yang menewaskan lebih dari 2.600 jiwa dan di buang ke Sungai Indragiri yang salah satunya adalah orang tua kandung penyair terkenal Chairil Anwar yang kala itu menjabat sebagai Bupati Indragiri.

Setiap tahun pada tanggal 5 Januari di kota Rengat selalu digelar acara untuk mengenang kembali hari bersejarah bagi masyarakat kota Rengat tersebut Tugu ini berada di pinggir sungai Indragiri, tepatnya persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu, jalan A Yani Rengat. 

3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Batang Gansal. Taman Nasional seluas 143.143 hektar ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orang utan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung serta binatang langka lainnya.

Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang berada di antara pepohonan hutan yang rindang, hal tersebut banyak menarik wisatawan untuk berwisata di TNBT, saat anda berada ditempat ini anda dapat mendengar suara-suara khas binatang hutan tropis, serta udara yang masih segar dan alami. Di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga terdapat tempat tinggal bagi suku asli Talang Mamak. 

4. Situs Cagar Budaya Indragiri Hulu

Situs Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja-Raja Indragiri merupakan salah satu tempat wisata sejarah di kabupaten Indragiri Hulu tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, lokasi terletak sekitar 45 Km dari kota Rengat. 

Komplek ini merupakan salah satu dari sekian banyak Komplek Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Indragiri Hulu. Di Komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Indragiri beserta Keluarga dan Pengikutnya. 

Komplek disekitar makam Raja-raja Indragiri di Desa Kotalama memang dikenal dahulunya sebagai pusat pemerintahan kerajaan Melayu tertua di Indragiri. Sebagai bukti, persis di depan Komplek Makam Raja – Raja Indragiri di Desa Kota Lama, terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Meduyan. 

Dilokasi ini juga masih terdapat benteng pertahanan kerajaan Indragiri yang kini ditumbuhi pohon bambu. Selain memiliki panorama yang indah, Danau ini juga menyimpan banyak sejarah. 

5. Danau Meduyan

Danau Meduyan Indragiri Hulu adalah tempat wisata alam yang menarik untuk anda kunjungi yang berada di Kota Lama, di sebelah Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri, 17 Km dari Kota Rengat, ibukota Indragiri Hulu, atau 7 Km sebelum Pematang Reba. 

Kondisi Danau Meduyan yang sudah dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata, sehingga fasilitas disekitar danau kini sudah memadai. Danau Menduyan lokasinya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat.

6. Wisata Alam Pertamina Lirik

Berdiri sejak bulan Juni 2014, Wisata Alam Pertamina Lirik yang diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Indragiri Hulu. Terletak di pinggir jalan Lintas Timur Sumatera, area konservasi flora dan fauna seluas sekitar 4,4 hektare di depan kantor PT Pertamina EP Asset 1 Field Lirik ini merupakan taman yang hijau dengan pepohonan yang ditata apik. 

Dilengkapi dengan bangku-bangku taman dan berbagai arena permainan anak-anak, tempat itu menjadi lokasi yang kerap dikunjungi anak-anak, bahkan orang dewasa untuk bersantai dan menghirup udara segar.

Selain itu, juga ada tempat menarik lainnya di Inhu, yakni Tugu Julang, Mesjid Raya Pauh Peranap, Sungai Batang Gansal, Mesjid Raya Rengat.

Kemudian Kabupaten Inhu yang berada di pinggir atau punggung Bukit Barisan, maka Inhu juga terdapat banyak air terjun, antara lain:

Air Terjun Denalo di Batang Cenaku, Air Terjun Tangga Raja di Kecamatan Batang Cenaku, Air Terjun Tembulun Berasap adalah sebuah destinasi wisata alam yang sangat menarik dan masih terasa asri. Terletak di Area PT. Arvena, Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku.

Selanjutnya, Air Terjun Air Itam di Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Air Terjun Sultan Limbayang di Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Tualang di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Granit di Desa Talang Lakat, Kecamatan Batang Gansal yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh Air terjun tersebut terbentuk dari hasil penambangan batu granit dimana sebelumnya terdapat aliran sungai yang terputus akibat proses penambangan yang menyisakan lubang besar dan membentuk air terjun.

Air Terjun Papunauan di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Bukit Aseng di Desa Kelesa, Kecamatan Seberida. Menurut info terakhir bahwa Air Terjun Aseng ini berganti nama menjadi Air Terjun Siambul.

Dikawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, selain banyak terdapat air terjun juga terdapat  peninggalan Megalithikum berupa Dolmen. Dolmen merupakan bangunan megalithik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi, sebagai pelinggih roh atau tempat sesaji pada saat upacara.

Selain itu juga terdapat goa misalnya Goa Anak Talang di Lubuk Kandis Desa Anak Talang.

Kemudian, untuk wisata kolam renang juga sudah banyak di Inhu, diantaranya untuk di Kecamatan Rengat ada Istana Water Park Rengat di Kelurahan Sekip Hulu dan kolam renang Danau Raja yang terletak dibelakang hotel Danau Raja.

Di Kecamatan Sei Lala juga ada  Citra Water Park dan Crocolitere Water Park di Desa Perkebunan Sei Lala. Dan di Kecamatan Seberida ada kolam renang Alif Adam di Belilas dan Kolam Renang di Wahana Wisata Belilas. (azi)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar