Emansipasi Wanita

Wanita Kesayangan Camat Ini Bakal Dipersembahkan Buat Orang Banyak

Wanita Kesayangan Camat Ini Bakal Dipersembahkan Buat Orang Banyak
Izdaharra Mutia Ulfah. Biasa dipanggil Ulfah.

INHU - Lahir dan besar di bumi Indragiri Hulu, tepatnya di desa Buluh Rampai kecamatan Seberida. Tentulah ia sangat faham warna kehidupan di bumi ini. Mulai sejak kecil, ketika ia baru bisa bermain tali hingga kini gelar kedokteran mampu ia raih, kehidupan bermasyarakat tentu membekas menjadi lukisan dalam benak dan ia simpan dalam angan angannya. Ia adalah putri dari pasangan rumah tangga yang harmonis di desa Buluh Rampai kecamatan Seberida, Basuki SKM dan Nurkhadijah.Amd.Keb. Namanya drh. Izdaharra Mutia Ulfah. Biasa dipanggil Ulfah. 

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Gadis belia yang satu ini berkarakter mirip ayahnya. Walau ia seorang dokter namun jiwa kemasyarakatanya begitu tinggi dan mampu ia hayati. Tak ubahnya seperti sang ayah Basuki S.K.M yang dianggap masyarakat kebanyakan berpenampilan istimewa sebagai figur yang manpu bersosialisasi dan piawai menjembatani hajat masyarakat. Tak heran kalau ia menjadi seorang Camat di Inhu hingga sampai saat ini, (17/3/2023). Sang Ibu pun demikian. Seorang bidan yang begitu lekat hubungan emosionalnya dengan masyarakat setempat. 

Dikonfirmasi awak media riaukarya.com belum lama ini, Ulfah mengaku jika dirinya tak ingin berpisah dengan teman teman kecilnya juga para terangganya. Bahkan ia tak pernah melirik pekerjaan lain di luar daerah ataupun pekerjaan yang sifatnya terikat. Itu karena sikapnya yang selalu ingin dekat dengan masyarakat. Hingga Mutia pun mengaku ingin coba coba berkarir di dunia politik. 

" mungkin karena ingin selalu dekat dengan tetangga aja kali ya. Mungkin juga orang orang akan menilai kedekatan menjadi alasan saja untuk karir politik. Tentulah ia, tapi aku tidak. Ya itu, asik aja kalau terus bersama tetangga atau orang orang kita sendiri " kelakarnya saat ditanya mengapa memilih politik di usia yang masih muda. 

" intinya begini, karena saya sangat memahami harapan teman teman terdekat, masyarakat dan keadaan lingkungan di wilayah ini ya tak salah kan kalau saya coba agar bisa mewakili mereka nanti, terutama kalau mereka berharap pada pemerintah ?" ungkapnya lagi dengan logat tegas dan cadas itu. 

Ditanya cita cita yang sesungguhnya, dara manis milik camat Batang Gansal ini menjawab cukup simpel. Katanya, hanya cukup ingin menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang banyak, termasuk untuk desa, wilayah dan daerahnya sendiri dulu. 

Berikut cuplikan biodata study dari drh. Izdhara Mutia Ulfah
- TK Pertiwi Pangkalan Kasai Kec. Seberida
- MIN Buluh Rampai Kec. Seberida
- MTs dan MA Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru
- S1 Kedokteran Hewan
- Pendidikan Profesi Dokter Hewan 

Membahas pandangan politik putri dari 3 bersaudara ini menerangkan jika aspirasi masayarakat yang diharap terwujud seperti halnya peningkatan fasilitas pendidikan di Inhu, sekolah dasar, dan utamanya sekolah Menengah Pertama dan Atas. 

" Menurut saya pendidikan dan pengetahuan masyarakat sangat berpengaruh pada kemajuan suatu negri ya " urainya. 

Menurutnya lagi, fasilitas untuk menunjang pendidikan di wilayah harusnya tidak kalah seperti sekolah-sekolah di kota atau bahkan di ibukota dan pulau Jawa. Ia berharap distribusi bantuan pendidikan tersebar rata di seluruh indonesia terutama di Inhu ini, bukan hanya berpusat pada wilayah kota seperti Pekanbaru saja. 

" Dengan politik, rakyat mampu berkomunikasi dengan semua pihak, sehingga aspirasi masyarakat menjadi lebih mudah untuk diakomodir dan ditindaklanjuti sampai kepada realisasi. Sehingga kebijakan-kebijakan yang lahir berpihak kepada masyarakat" pungkas wanita single berusia 27 tahun ini. 

Ayahnya, Basuki S.KM yang saat ini menjabat sebagai Camat Batang Gansal saat dikonfirmasi awak media ini membenarkan jika keinginan putrinya maju di Pileg 2024 hampir dibilang bulat. Ia mengaku sepenuhnya ia serahkan pada Ulfah. Bahkan ia merasa bangga bisa mempersembahkan putrinya buat kemaslahatan umat. Pria yang tak pernah menolak bergaul dengan siapapun ini juga mengatakan jika hajat putrinya itu terkabul tentunya ia berpesan jangan jauhi orang orang kecil. Karena merekalah yang membuat orang orang jadi besar. 

" Toh Ulfah sudah dewasa, meskipun ia adalah mili saya, tapi saya juga harus memberikan kebebasan baginya. Bahkan saya merasa bangga. Setidaknya buat daerah tercinta hanya ini yang bisa saya persembahkan dalam pranserta menjadikan Inhu dan wilayah kita jaya, hanya ini yang saya bisa buat kecintaan saya pada masyarakat " tutup pria paruhbaya yang tak pernah jumawa dengan jabatan camatnya itu. (by)
 

#Saya Riau

Index

Berita Lainnya

Index