Meski Juara Liga Champions, Liverpool Gagal Mentas di Piala Dunia Klub

Senin, 03 Juni 2019

Riaukarya.com - Liverpool berhasil menjuarai Liga Champions musim 2019/2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur pada laga final yang dihelat di Wanda Metropolitano, Minggu dini hari WIB, 2 Juni 2019. The REds menang dengan skor 2-0.

Sebagai kampiun Liga Champions, Liverpool memiliki hak untuk bermain di Piala Dunia Klub, yang biasanya dihelat pada Desember di tahun yang sama dengan perhelatan final Liga Champions. Namun, The Reds harus gigit jari lantaran mereka tak bisa mentas di turnamen tersebut.

Mengapa? Sebab, FIFA sudah mengubah format turnamen tersebut pada Maret lalu. Nantinya, Piala Dunia Klub akan digelar empat tahun sekali dan dimulai pada 2021 untuk menggantikan Piala Konfederasi.

Rencananya, akan ada 24 tim yang akan ikut serta di turnamen yang akan dihelat pada musim panas, sekitar Juni-Juli. Pesertanya akan diambil enam tim dari Amerika Selatan, tiga tim masing-masing dari Asia, Afrika, Amerika Tengah, juga satu tim dari Oseania.

Juara dan runner-up Liga Champions serta juara Liga Europa juga akan turut serta dalam turnamen ini.

Diharapkan Presiden FIFA, Gianni Infantino, perubahan format akan meningkatkan level kompetitif dari turnamen ini. Sehingga klub-klub lebih serius dalam mempersiapkan timnya.

"Sekarang, dunia akan melihat Piala Dunia Klub yang sebenarnya di mana fans akan melihat tim terbaik di dunia akan bersaing untuk dinobatkan sebagai juara dunia yang sesungguhnya," ujar Infantino dikutip The Sun.

"Kami berharap seluruh tim terbaik akan berpartisipasi dan kami melakukan diskusi yang intensif dengan UEFA. Adalah tanggung jawab FIFA untuk mengambil keputusan. Dan turnamen ini hanya tinggal dua tahun lagi," jelasnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia Klub pertama kali digelar pada 2000. Liverpool sempat mentas pada 2005 silam namun kalah dari Sao Paolo. Tim tersukses di turnamen ini adalah Real Madrid yang mengoleksi empat gelar juara.