Salut, Bupati Yopi Tercatat Sudah Mewisuda 46 Ribu Lebih Santri MDTA dan MDTW se Inhu

Ahad, 29 Juli 2018

INHU - Sebanyak 6275 santri MDTA dan MDTW angkatan ke 8 dari seluruh kecamatan di Kabupaten Inhu resmi diwisuda oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto, Minggu (29/7/2018) bertempat di halaman Kantor Bupati Inhu. Tercatat, selama kurun waktu 7 tahun terakhir, Bupati Yopi sudah mewisudakan kurang lebih 40 ribu lebih santri MDTA dan MDTW se Inhu.

Rangkaian acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh bintang tartil MTQ tingkat Kabupaten Inhu dari Kecamatan Rengat Barat, Zahra Putri Tahiro. Suasana haru pun menyeruak saat salah satu santri MDTA Al-Ikhlas Peranap, Muhammad Raka memanjatkan doa dengan penuh kekhusyukan dan meneteskan air mata.
 
Dalam kesempatannya, Kepala Bidang Keagamaan Islam Kementerian Agama Riau, Drs, H Fairus, MA mengungkapkan apresiasinya terhadap komitmen dari Kabupaten Inhu yang terus menyelenggarakan wisuda akbar ini yang telah menginjak tahun ke delapan. 
 
“Sampai saat ini total jumlah santri dari seluruh Kabupaten/Kota se Riau yang telah diwisuda mencapai lebih kurang 600 ribu. Dan, Alhamdulilah hanya Kabupaten Inhu yang memiliki komitmen yang tinggi untuk tetap melaksanakan kegiatan ini. Bahkan, tercatat hingga saat ini jumlah wisudawan telah mencapai 53 ribu lebih,” terang H Fairus yang hadir mewakili Kepala Kantor Kemenag Riau.
 
Fairus juga menyampaikan harapan agar kedepannya Kabupaten Inhu dapat melaksanakan kegiatan yang sama terutama bagi santri di tingkat Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya (MDTU) atau setingkat SMA/SMK sederajat.
 
“Kami yakin dan percaya dengan kebijakan Pak Bupati Yopi yang sangat konsen untuk mengembangkan pendidikan agama di Inhu ini, InsyaAllah jumlah peserta wisuda tahun mendatang akan lebih meningkat,” tutupnya.
 
Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Inhu H Yopi Arianto mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak termasuk seluruh OPD di lingkungan Pemkab Inhu yang telah berkontribusi dengan menyediakan konsumsi dan berbagai jajanan gratis kepada seluruh peserta wisuda.
 
Wisuda akbar ini, lanjut Bupati Yopi juga menunjukkan bahwa berjalannya salah satu program prioritas pemerintah daerah yakni terdorongnya pemahaman anak-anak kita di Kabupaten Inhu akan pentingnya pendidikan keagamaan.
 
Terkait usulan pelaksanaan wisuda MDTU di tahun mendatang, Bupati Yopi pun turut memberikan dukungan. “Kita harapkan bersama agar kedepaannya dengan sinergi yang baik kegiatan tersebut dapat terlaksana. Sebab, kami menilai kegiatan seperti ini tentunya sangat positif bagi daerah kita khususnya di Kabupaten Inhu,” jelasnya.
 
Selain penampilan hiburan rebana dari para santri MDTA, tausiah yang dibawakan oleh da'i cilik Adika Admaja Wiyanto mendapat sambutan meriah dari ribuan peserta wisuda maupun para tamu undangan yang hadir.
 
Hadir juga dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Inhu Miswanto bersama anggota,  Sekda Inhu Hendrizal, Kepala Kantor Kemenag Inhu H Abdul Karim serta para unsur FKPD di Inhu dan para camat. (rls)