PWI Provinsi Riau Terbitkan Buku Putih Khusus Wartawan Kompeten

Jumat, 30 Juli 2021

Ketua PWI Riau, H. Zulmansyah Sekedang.

PEKANBARU – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau tahun ini, kembali akan menerbitkan Buku Putih. Tapi, kali ini khusus untuk anggota PWI Riau yang telah dinyatakan lulus mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).

"Insya Allah, tahun ini kita menerbitkan Buku Putih Wartawan Kompeten PWI Riau, khusus anggota yang telah dinyatakan kompeten sebagai wartawan," ujar Ketua PWI Provinsi Riau H. Zulmansyah Sekedang kepada media, Jumat (30/7/2021).

Buku putih itu bermaterikan profil dan biodata 600 lebih anggota PWI Riau yang sudah UKW dari setiap tingkatan: Muda, Madya, dan Utama. Baik yang diselenggarakan oleh PWI Riau maupun lembaga penguji UKW lainnya. 

Tujuan penerbitan Buku Putih adalah memperkenalkan ke khalayak nama-nama wartawan PWI Riau yang telah kompeten. Diharapkan memudahkan narasumber menjalin komunikasi dalam rangka mendukung tugas masing-masing

Predikat lulus UKW, ungkap Zulmansyah, selain mempertegas legalitas wartawan dimaksud, juga sebagai bukti bahwa wartawan yang bersangkutan memiliki kecakapan dan keahlian di bidang yang menjadi pilihan hidupnya.   

“Ini upaya kita untuk meminimalisir praktek-praktek yang tidak benar, yang dalam banyak kasus merugikan korps wartawan, khususnya di Provinsi Riau,” sebut Direktur Utama Riau Televisi ini.

Ketua Tim Penyusunan Buku Putih, Novrizon Burman meminta anggota PWI Riau yang sudah lulus UKW segera mengirimkan biodata lengkap berupa nama, tempat/tanggal lahir, media tempat bekerja, agama, dan alamat.

Anggota juga diminta mengirim foto close-up terbaru, foto kartu PWI, foto kartu UKW, termasuk menulis pengalaman jurnalistik sepanjang sekitar satu layar komputer, dan semua yang diminta di atas dikirim ke email [email protected]

Pengalaman dimaksud adalah yang dinilai paling menarik dan sulit dilupakan selama menekuni dunia jurnalistik, baik ketika melakukan liputan, memburu narasumber, menghadapi ancaman dan sejenis, dan lainnya. 

Novrizon Burman mengimbau kepada anggota PWI Riau yang kartunya mati, segera diurus supaya aktif kembali. "Hanya anggota yang kartunya hidup, yang kami masukkan dalam Buku Putih Wartawan Kompeten PWI Riau,” pungkasnya.

Terakhir, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau ini berharap partisipasi aktif anggota PWI Riau yang sudah UKW segera mengirimkan profil, biodata, dan pengalaman jurnalistiknya. “Ditunggu sampai akhir Oktober 2021 ini,’’ tutupnya. **