Sertu Gushendri Bantu Petani Bersihkan Tanaman Ubi Jalar

Senin, 04 Januari 2021 | 13:29:45 WIB

INHU - Sertu Gushendri Babinsa Koramil 03/Seberida, Kodim 0302-Inhu melaksanakan giat membantu petani pembersihan rumput pada tanaman ubi jalar di Desa Petala Bumi Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan tersebut dilaksanakan Sertu Gushendri pada hari Senin tanggal 04 Januari 2021 sekira pukul 08.10 s/d 09.25 Wib.

Babinsa Koramil 03/Seberida itu  melaksanakan kegiatan kunjungan komsos di lahan tanaman ubi jalar yakni milik Bapak Imam RT 006 RT 002,Desa Petala Bumi, Kecamatan Seberida, Kabupaten Idragiri Hulu (Inhu). 

Saat dikonfirmasi Serda Gushendri menjelaskan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman ubi jalar merupakan bagian dari perawatan yang harus dikerjakan.

Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman ubi jalar terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen, sebutnya. 

Dalam pendampingannya Sertu Gushendri menyebutkan lagi, 
" Dengan adanya kegiatan ini tanaman ubi jalar yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan meningkat. 

Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendampingan petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan terpecahkan dan ketahanan pangan akan terwujud," ujarnya.

Pembersihan rumput liar atau gulma yang biasa tumbuh berdampingan dengan tanaman ubi jalar harus dilakukan secara rutin agar tidak menggangu pertumbuhan ubi jalar, kalau dilaksanakan secara rutin, saya yakin hasil panen nanti akan berlimpah, tukasnya. (surya) 

Terkini