Banyak Capres Untungkan Pemilih

Sabtu, 14 Januari 2017 | 17:19:35 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengatakan tidak masalah bagi KPU jika ambang batas mencalonkan presiden nol persen.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak mempersoalkan jika syarat ambang batas untuk mengusung calon presiden (presidential Threshold) dan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) nol persen pada Pemilu 2019.

Bahkan, KPU siap ‎melaksanakannya kalau memang seluruh pihak menyepakati hal tersebut. "Kalau melaksanakannya kami siap, ‎sistem apapun, tidak ada masalah (0%)," ujar Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/1/2017).

Menurutnya, sebetulnya presidential threshold dan parliamentary threshold nol persen memiliki dampak positif. "Banyak calon itu juga menguntungkan pemilih, karna banyak pilihan" tuturnya.

Dia mengatakan, aspirasi masyarakat bisa terwakili dengan banyaknya calon legislatif atau calon presiden.‎

Hadar juga berpendapat, tiap partai politik (parpol) ‎tidak perlu khawatir kalah dalam pemilu legislatif maupun pemilu presiden. 

Dia yakin setiap parpol memiliki hitungan sendiri untuk bisa menangi pemilu. "Jangan kita selalu berpandangan ah pasti ada satu calon," ungkapnya (dm)

sumber : sindonews

Terkini