Mahasiswa KKN UNRI Pulau Aro 2022 Membuat Tempat Pembuangan Akhir Desa Pulau Aro

Kamis, 04 Agustus 2022 | 20:05:04 WIB
Aldo David N (Divisi Humas) di dampingi Anggun Dara Funna (Bendahara) dan dibantu pak Herman (Tukang). Dalam pembuatan tempat pembuangan akhir ini peletakan batu pertama dilakukan oleh kepala desa Pulau Aro Herlianto (Kades).

KUANSING - Tim KKN UNRI Pulau Aro 2022 melaksanakan program kerja tempat pembuangan akhir yang di cetuskan oleh Aldo David N (Divisi Humas) di dampingi Anggun Dara Funna (Bendahara) dan dibantu pak Herman (Tukang). Dalam pembuatan tempat pembuangan akhir ini peletakan batu pertama dilakukan oleh kepala desa Pulau Aro Herlianto (Kades). tempat pembuangan akhir dan penempatan nya dilakukan pada titik-titik yang mudah dijangkau warga. Hal ini kami lakukan agar mengurangi tingkat pembuangan sampah yang marak terjadi di desa dan juga kuantan Desa Pulau Aro tempat kami ber-KKN, Kamis (04/08).

Kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor. Dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman, kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan. Sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kenyamanan dan kebahagiaan.

Sampah merupakan masalah bagi warga maupun pemerintah, karena sampah dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Sampah dapat bersumber dari manapun baik dari produk industri, rumah tangga, maupun dari lingkungan sendiri. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, tim melihat banyaknya sampah yang berserakan sehingga tim mempunyai ide untuk membuat program pembuatan tempat sampah agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya.

Dalam program kerja ini, Aldo didampingi tim membuat tempat sampah semi permanen dengan desain memberikan pembatas berupa besi agar sampah tidak langsung menyentuh tanah dan sampah basah dapat kering sehingga mudah untuk dibakar, pembuatan tempat sampah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Selain itu memudahkkan masyarakat untuk membuang sampah dan warga dapat membakar sampah ketika penuh dengan mudah.
 

Terkini